Intelijen Buktikan Keterlibatan Rusia dalam Pemilu AS

Intelijen Buktikan Keterlibatan Rusia dalam Pemilu AS

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Presiden Rusia, Vladimir Putin mengadakan rapat sambilan dalam acara G20 di Hamburg, Jerman pada (7/7) ( Foto: AFP)

Washington – Komite Intelijen Senat Amerika Serikat (AS) yang dipimpin oleh Partai Republik mendukung temuan lembaga intelijen, yang menyatakan bahwa Rusia ikut campur dalam pemilihan umum (pemilu) 2017 silam.

Rusia dituding membantu pemenangan Donald Trump, dan sebaliknya melakukan berbagai upaya untuk menjatuhkan rival Trump, Hillary Clinton.



“Saya tidak menentang fakta bahwa Rusia sudah melakukan intervensi besar-besaran dalam pemilihan kami, guna membantu Trump dan mencederai Hillary Clinton,” kata pemimpin komite Partai Demokrat Mark Warner dari Virginia.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Komite Senator Richard Burr. Dia menyebut laporan lengkap intelijen soal Rusia tak terbantahkan lagi.

“Staf komite sudah menghabiskan waktu 14 bulan untuk meninjau sumber, pekerjaan dagang, pekerjaan analitik, dan kami tidak punya alasan untuk membantah kesimpulan tersebut,” ujar Burr dilansir dari Politico.

“Tidak ada keraguan bahwa Rusia melakukan upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengganggu pemilu 2016 kami,” imbuhnya.

Diketahui, intelijen mengeluarkan pernyataan soal keterlibatan Rusia dalam pemenangan Trump, beberapa minggu sebelum Trump dilantik pada Januari 2017 silam. Kampanye yang dilakukan Rusia dinilai telah merusak kepercayaan publik dalam demokrasi AS, serta menjatuhkan elektabilitas Clinton.

Sementara dalam beberapa kesempatan Trump membantah tudingan itu, sekaligus menegaskan bahwa soal keterlibatan Rusia terkesan mengada-ada.

TAGS : Amerika Serikat Rusia Donald Trump Hillary Clinton

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/34599/Intelijen-Buktikan-Keterlibatan-Rusia-dalam-Pemilu-AS/

Rekomendasi

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz