Ahmad Iman Ingatkan WNI Terkait Amnesti UEA

Ahmad Iman Ingatkan WNI Terkait Amnesti UEA

Wakil Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Ahmad Iman

Jakarta – Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Uni Emirat Arab (UEA) diingatkan, agar segera mengurus status kemigrasiannya. Pasalnya, Amnesti yang diberlakukan Pemerintahan UEA hanya sampai batas 31 Oktober 2018. Sehingga, hal yang tidak diinginkan dari hukuman atau denda  bisa dihindari sejak sekarang.

Hal itu dikemukakan Ahmad Iman, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri. “Amnesti ditujukan kepada seluruh WNI berstatus overstay di UEA. WNI dapat memilih keluar tanpa denda atau hukuman, atau alihkan status keimigrasian legal melalui jaminan dari sponsor atau majikan,” ujar Ahmad Iman.



Informasi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) UEA di  Abu Dhabi, pada Minggu dini hari (16/09/2018) telah membantu memfasilitasi kepulangan 36 WNI peserta amnesti Uni Emirat Arab (UEA) 2018 menggunakan maskapai Etihad yang didampingi pegawai KBRI.

Setibanya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, mereka akan difasilitasi BP3TKI Serang dan Kementerian Luar Negeri pulang ke tempat tinggal di daerah asal masing-masing. “Kembalinya WNI ke Indonesia ini, tidak perlu dikhawatirkan tidak bisa kembali ke UEA,” ujar Ahmad Iman yang juga Wasekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ahmad Iman Ingatkan WNI Terkait Amnesti UEA

“Apabila pulang ke Indonesia dengan memanfaatkan program Amnesti, maka tidak akan dikenakan pencegahan masuk ke UEA. Masih ada kesempatan memperbaiki status keimigrasiannya dengan cara bekerja secara legal dengan sponsor baru atau alih visa,” tegas Ahmad Iman.

Sebagaimana dimaklumi, Pemerintah UEA selama tiga bulan sejak 1 Agustus 2018 silam memberlakukan program amnesti bagi warga negara asing (WNA) pelanggar aturan keimigrasian, termasuk overstayer, penyalahgunaan visa, dan kabur dari majikan/sponsor pertama.

Hingga saat ini, KBRI Abu Dhabi dan KJRI Dubai telah melayani 1.795 WNI peserta amnesti, dengan rincian 821 orang terdaftar di KBRI Abu Dhabi, dan sebanyak 974 orang terdaftar di KJRI Dubai.

KBRI Abu Dhabi akan terus memberikan dan meningkatkan pelayanan dan upaya-upaya perlindungan bagi WNI yang berada di PEA. Salah satunya dengan cara melakukan serangkaian diseminasi informasi kepada WNI di UEA, termasuk simpul-simpul komunitas masyarakat Indonesia di Abu Dhabi.

Hal ini dimaksudkan agar para WNI pelanggar aturan keimigrasian di UEA dapat memanfaatkan program amnesti secara optimal.

TAGS : Abu Dhabi Amnesti Ahmad Iman

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/40881/Ahmad-Iman-Ingatkan-WNI-Terkait-Amnesti-UEA/

Rekomendasi

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz