AS Tutup Permohonan Suaka bagi Imigran Ilegal

by

in
AS Tutup Permohonan Suaka bagi Imigran Ilegal

Imigran Meksiko

Washington – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menutup kesempatan permohonan suaka bagi imigran ilegal. Demikian kebijakan kontroversial terbaru Presiden AS Donald Trump terkait keimigrasian.

Dilansir dari AFP, pembatasan klaim suaka merupakan buntut atas penyalahgunaan sistem imigrasi AS di sepanjang perbatasan AS-Meksiko.



Namun aturan baru yang kini hanya menunggu diteken oleh Trump tersebut, mendapatkan penolakan dari Serikat Kebebasan Sipil Amerika (ACLU), yang menilai permintaan suaka harus diberikan kepada siapapun yang memasuki negara itu.

“Undang-undang AS secara khusus memungkinkan individu mengajukan permohonan suaka, baik mereka berada di pelabuhan masuk atau tidak,” kata ACLU pada Jumat (9/11).

Baca juga :

Administrasi Trump berpendapat, kini dia memiliki kewenangan untuk mengekang imigrasi atas nama keamanan nasional. Sama halnya dengan larangan masuk AS bagi sejumlah negara Muslim, dengan alasan terorisme.

“Aturan hari ini merapkan prinsip penting kepada orang asing yang melanggar perbatasan,” terang Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen dan Jaksa Umum Matthew Whitaker.

TAGS : Donald Trump Amerika Serikat Imigran Ilegal

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/43594/AS-Tutup-Permohonan-Suaka-bagi-Imigran-Ilegal/