1,1 Juta Dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca Tiba, Ketahui Kemanjurannya

by

in

JawaPos.com – Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin Covid-19 dari AstraZeneca tiba di Indonesia. Sebab Indonesia termasuk salah satu negara pertama di Asia yang menerima dosis vaksin melalui skema COVAX yang dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk membantu negara berkembang mendapatkan akses vaksin Covid-19.

COVAX bertujuan untuk memastikan akses yang tepat waktu dan merata terhadap vaksin Covid-19 yang aman serta efektif untuk semua negara, yang termasuk dalam negara AMC (Advanced Market Commitment), terlepas dari tingkat pendapatan negara tersebut. Seperti diketahui, COVAX Facility memiliki target pengadaan vaksin bagi 20 persen.

Kepala Perwakilan WHO untuk Indonesia N. Paranietharan mengatakan kedatangan kali ini adalah bagian dari 11,7 juta dosis yang akan tiba hingga Mei 2021. Selain itu, AstraZeneca akan memasok 50 juta dosis lagi ke Indonesia.

Baca Juga: Kata Ahli, Jangan Pilih-Pilih Vaksin Covid, Semua Lolos Uji Klinis

AstraZeneca bangga menjadi mitra COVAX dalam memastikan masyarakat di seluruh dunia dapat mengakses vaksin secepat mungkin. Kemitraan ini menekankan komitmen AstraZeneca untuk menyediakan vaksin yang aman dan efektif secara nirlaba selama pandemi. Tentunya memastikan vaksin Covid-19 tersedia di seluruh dunia untuk negara berkembang. Hari ini menandai langkah penting dalam memperluas akses global yang merata terhadap vaksin dan mengubah situasi pandemi ke arah yang lebih baik.

Distribusi vaksin mengikuti Daftar Penggunaan Darurat (Emergency Use Listing atau EUL) terbaru dari WHO untuk imunisasi aktif pada individu berusia 18 tahun ke atas, memberikan jalur akses yang vital dan cepat. Dosis telah dialokasikan dengan merata sesuai dengan Kerangka Kerja Alokasi COVAX yang menentukan volume per negara peserta berdasarkan beberapa faktor.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link