14 Juta Dosis Vaksin Sinovac Sudah Tiba di Indonesia

by

in

JawaPos.com – Sebanyak 14 juta dosis vaksin Sinovac tiba di Indonesia dalam bentuk bahan baku (bulk) pada Rabu (30/6). Total bahan baku vaksin dari Sinovac yang sudah ada di Indonesia adalah sejumlah 105 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku.

Butuh proses sekitar satu bulan di Biofarma untuk diproses menjadi vaksin jadi yang siap dipakai. “Dari 105 juta ini nanti akan jadi 85 juta vaksin jadi yang bisa kita pakai dan itu akan siap 1 bulan setelah sekarang. Jadi mungkin di awal Agustus akan ada 85 juta vaksin Sinovac yang siap kita gunakan,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya, Rabu (30/6).

Budi menjelaskan, kedatangan 14 juta vaksin Sinovac ini menggambarkan bahwa jumlah vaksin yang sudah ada di Indonesia semakin lama semakin banyak. Belum lagi ditambah donasi vaksin gratis dari Covax GAVI yang pada bulan ini akan masuk dari AstraZeneca, dan juga Agustus akan masuk vaksin dari Pfizer. Sehingga target 181,5 juta rakyat Indonesia yang divaksin bisa tercapai.

Baca Juga: Sebanyak 15 Ribu Orang Divaksinasi Tiap Hari di Hotel Borobudur

“Kita harus ingat bahwa vaksin ini tidak membuat kita 100 persen kebal terhadap virus COVID-19. Vaksin ini akan membuat daya tahan tubuh kita semakin baik.Jika virus masuk ke tubuh, kita bisa lebih cepat merespons dan melawan virus tersebut,” tutur Budi.

Orang yang sudah divaksinasi Covid-19, lanjut Budi, masih bisa terinfeksi virus Covid-19. Tetapi mengurangi tingkat keparahan dan kematian akibat penyakit ini.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Muhammad Ridwan, ARM


Credit: Source link