2021, Plafon KUR Naik Menjadi Rp253 Triliun – KRJOGJA

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah akan meningkatkan plafon kredit usaha rakyat (KUR) di 2021 dari sebelumnya Rp 220 triliun menjadi sebesar Rp 253 triliun. Peningkatan tersebut merupakan respon atas antusiasme pelaku UMKM yang tinggi akan kehadiran KUR dengan suku bunga rendah dan juga harapan pemulihan usaha UMKM.

“Di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional paska Covid-19, pemerintah akan terus memacu penyaluran KUR sebagai upaya mendorong dan mengembangkan UMKM agar dapat membantu pemerataan dan pertumbuhan ekonomi secara nasional,” katavMenteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, seusai rakor Komite Kebijakan Pembiayaan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tahun 2021 yang diadakan secara virtual di Jakarta, Senin (28/12).

Dikatakan, kebutuhan KUR untuk UMKM untuk mempercepat pemulihan ekonomi pada masa Covid-19 cukup besar, maka target penyaluran KUR tahun depan ditingkatkan. Dengan peningkatan itu, maka ada tambahan anggaran subsidi bunga KUR 2021 sebesar Rp 7,6 triliun. Selain itu, pemerintah juga memutuskan untuk memberikan tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen selama 6 bulan.

Credit: Source link