3 Cara Mudah Dalam Memilih Colocation Terpercaya!

0

Apakah Anda pernah mendengar tentang colocation? Atau masih merasa asing dengan kata tersebut? Yuk, simak ulasan mengenai apa itu colocation. Secara umum, colocation merupakan suatu layanan dengan bentuk tempat penitipan server pada server pusat data di mana terlindung oleh sistem keamanan tinggi. Dalam membuat atau menggunakan colocation server dibutuhkan beberapa infrastruktur atau sarana utama dan pendukung.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan jasa layanan server, ada baiknya untuk mengetahui beberapa cara mudah untuk memilih server tersebut. Bagaimana dan apa saja caranya? Simak ulasannya di bawah ini.
 

1. Melihat Harga Layanan

 

Melihat Harga Layanan
Photo by Graziano Lombardi on Unsplash
 
Cara mudah pertama yang bisa Anda coba adalah dengan melihat dari harga pelayanan. Tidak sedikit juga yang menerapkan tarif mahal lantaran menganggap orang tidak akan tahu harga aslinya. Untuk itu, Anda bisa membandingkannya jika membuat server itu sendiri. Jika ternyata membuatnya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa itu berati situs tersebut menaikkan tarif sangat banyak.

Pilihlah yang kualitasnya memang sesuai dengan harga sehingga Anda juga tidak akan menyesal. Anda juga bisa memilih layanan yang mematok tarif bersaing dengan jasa lainnya di mana tetap mengandalkan kualitas kinerja serta pelayanan secara maksimal.
 

2. Melihat Sistem Keamanan

 

Melihat Sistem Keamanan
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Cara kedua yang sangat mudah dalam memilih layanan server tersebut adalah dengan melihat sistem keamanan. Pastikan layanan yang Anda pilih memiliki keamanan yang terjamin. Hal ini dikarenakan layanan server memberikan keuntungan berupa keamanan terjamin. Jika Anda memilih server yang kurang tepat seperti rawan kena bencana, maka keuntungan yang didapatkan juga bisa berpengaruh.

Untuk itu, Anda bisa memilih server yang memang terjamin dari segi tempat atau lokasi penyimpanan data tersebut. Perusahaan harus memikirkan secara matang dari segala sudut agar nantinya bisa mengantisipasi.
 

3. Mencari Referensi

 

Mencari Referensi
Photo by David Watkis on Unsplash

Selain dua cara di atas, cara mudah lainnya untuk memilih layanan server terbaik adalah dengan mencari referensi sebanyak mungkin. Hal ini dikarenakan agar nantinya Anda bisa menyesuaikan kebutuhan serta jenis pelayanan yang sesuai dengan keinginan. Anda bisa mencari di berbagai situs internet mengenai spec atau jenis-jenis colocation server.

Dengan menentukan jenis tersebut, barulah Anda bisa memilih ukuran dan jenisnya secara lebih spesifik. Selain mencari di situs, Anda juga bisa meminta rekomendasi di beberapa tempat baik secara online maupun offline. Secara online, Anda bisa bertanya melalui forum di berbagai media sosial, sedangkan secara offline Anda bisa bertanya pada perusahaan yang menggunakan hal serupa.

Selain itu, Anda juga bisa memerhatikan dari segi reputasi pihak yang berperan sebagai penyedia jasa layanan. Dengan melihat reputasi, Anda bisa tahu apakah pihak tersebut bisa dipercaya atau tidaknya.

Ketiga cara mudah di atas bisa Anda coba dari sekarang jika ingin memilih dan menggunakan jasa layanan penyedia colocation server.

Beberapa infrastruktur itu antara lain arus listrik, koneksi internet, UPS, kontrol suhu udara, CCTV, keamanan, flooring, dan juga generator energi. Melihat dari saranan tersebut, bisa dipastikan tarif yang harus dikeluarkan untuk menggunakan layanan tersebut cukup besar. Namun, Anda bisa menghemat pengeluaran tersebut jika menggunakan jasa layanan colocation server yang terdapat di nexdatacenter.com.

Selain menghemat biaya, menggunakan layanan server memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan membuatnya sendiri. Itulah alasan kenapa jasa layanan tersebut banyak dicari. Keuntungan lainnya seperti efisien, tidak memengaruhi biaya bulanan, tidak perlu repot mengurus dan mengontrol sistem server.
 
Baca Juga : Rekomendasi 7 Server Monitoring Tools Free Terbaik 
 
 

Bagaimana Cara Mudah Dalam Memilih Colocation Terpercaya?

Yaitu dengan, 1. Melihat Harga Layanan 2. Melihat Sistem Keamanan 3. Mencari Referensi

Apa yang dimaksud colocation?

Secara umum, colocation merupakan suatu layanan dengan bentuk tempat penitipan server pada server pusat data di mana terlindung oleh sistem keamanan tinggi. Dalam membuat atau menggunakan colocation server dibutuhkan beberapa infrastruktur atau sarana utama dan pendukung.

Sistem keamanan seperti apa yang harus diperhatikan dalam memilih colocation server?

Yaitu memastikan layanan yang Anda pilih memiliki keamanan yang terjamin. Hal ini dikarenakan layanan server memberikan keuntungan berupa keamanan terjamin. Jika Anda memilih server yang kurang tepat seperti rawan kena bencana, maka keuntungan yang didapatkan juga bisa berpengaruh. Untuk itu, Anda bisa memilih server yang memang terjamin dari segi tempat atau lokasi penyimpanan data tersebut. Perusahaan harus memikirkan secara matang dari segala sudut agar nantinya bisa mengantisipasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.