4 Tren Gaya Hidup Canggih di Era Pandemi Lewat Konsep Rumah Pintar

JawaPos.com – Era pandemi membuat kehidupan berubah yakni dengan terobosan yang lebih besar ke jalur digitalisasi. Salah satunya dengan menyulap rumah menjadi lebih canggih.

Misalnya, hari ini, kita dapat mengontrol TV pintar kita dengan kontrol suara, dan memutar acara atau film favorit kita secara instan. Tidak hanya itu, dengan memanfaatkan smart interconnectivity, kita juga bisa mengoperasikan peralatan smart home lainnya seperti lampu, mesin cuci, AC, TV, melalui gadget.

Dalam proses ini, internet akan memainkan peran penting dalam mendorong perangkat pintar yang digerakkan oleh IoT dan AI. Era teknologi kini kian terasa semakin dekat, semua orang  dimanjakan dengan teknologi yang semakin lama semakin canggih.

“Karena dengan bantuan teknologi, segala aktivitas tentu menjadi lebih mudah, efisien, aman, dan juga bisa dikontrol,” kata Founder & CEO Handyman Smart Home, William Gosal, dalam keterangan virtual dalam Smart Home System dari aplikasi Handyman.

Menurutnya kini setiap rumah tangga bisa dengan mudah memantau rumah lewat aplikasi. Dan semua peralatan rumah dapat dikontrol dan dipantau melalui smartphone hanya dengan satu sentuhan tombol di ponsel (aplikasi) atau dari perintah suara.

“Kapan pun dan di mana pun Anda berada. Misalnya lighting control, blinds/curtain control, access control, smart security system. Sehingga memenuhi kebutuhan gaya rumah masa depan,” jelasnya.

Dengan latar belakang ini, berikut daftar 4 tren teratas yang bisa menginspirasi gaya hidup dan mewujudkan pengalaman rumah pintar pada tahun 2021 seperti dilansir dari Bussines World, Kamis (25/2).

1. Keamanan Pribadi
Melalui teknologi rumah pintar bisa diwujudkan seperti kamera keamanan, speaker, dan banyak lagi, salah satu faktor yang sangat diperhatikan oleh merek di seluruh dunia adalah privasi.
Seseorang bisa menciptakan keamanan perangkat rumah pintar dan memastikan bahwa orang tetap aman saat menggunakan gadget.

2. Tanpa Sentuh
Dengan munculnya Covid-19 dalam hidup kita, kita telah melihat bagaimana virus dapat dengan cepat menularkan dan menginfeksi massa. Akibatnya, sebagian besar individu dan bisnis beralih ke solusi pembayaran digital untuk mencegah penularan penyakit.

Faktanya, banyak kantor yang dibuka kembali baru-baru ini telah memasang biometrik yang didukung oleh kartu pintar untuk mencegah karyawan menyentuh permukaan yang sama berulang kali. Seiring kemajuan, bisa saja membuat rumah pintar dengan teknologi yang sama.

Atau dengan aplikasi bisa menyalakan atau mematikan lampu, televisi, pendingin ruangan, komputer, membuka atau menutup tirai, mengatur kamera CCTV, dan masih banyak lagi. Lalu juga memungkinkan adanya otomatisasi.

3. Kebugaran
Dengan pandemi yang membatasi orang untuk bekerja dari rumah dan mengikuti jarak sosial, telah diamati bahwa semakin banyak orang menjadi tidak sehat selama di rumah saja. Sementara beberapa orang lebih suka makan makanan junk food.

Oleh karena itu, banyak merek teknologi telah meluncurkan alat kebugaran baru yang membuat latihan di rumah menjadi mudah dan menyenangkan. Misalnya, beberapa TV memiliki webcam. Demikian pula, berbagai alat kebugaran menampilkan detak jantung, kalori yang terbakar, dan banyak lagi. Tren ini kemungkinan akan tumbuh lebih lanjut di tahun 2021.

4. Konektivitas
Kini tren konektivitas dengan rumah juga mulai meningkat. Setiap orang bisa mengendalikan rumah mereka dengan perangkat rumah pintar lewat gadget.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link