49 Selebritis India Dilaporkan ke Polisi

49 Selebritis India Dilaporkan ke Polisi

Sen Sharma, salah satu selebritis India yang dilaporkan ke polisi terkait surat kepada Perdana Menteri

India, Jurnas.com  – Setidaknya 49 selebriti India dilaporkan polisi hanya gegara menulis surat terbuka kepada Perdana Menteri Narendra Modi terkait insiden penghakiman massa.

Laporan informasi pertama (FIR) diajukan Hakim Agung Surya Kant Tiwari mengabulkan petisi yang diajukan oleh pengacara lokal Sudhir Kumar Ojha pada 20 Agustus.

Kasus ini didaftarkan di kantor polisi Sadar Muzaffarpur pada Kamis. “Orang-orang ini bertanggung jawab karena menodai citra negara kita. Mereka tidak bisa berperilaku seperti ini dengan perdana menteri negara kita,” kata Ojha kepada Anadolu Agency pada Jumat.

Menurut kantor berita Press Trust India, tuntutan itu diajukan terhadap 49 penandatangan surat yang dianggap merusak citra negara, merusak kinerja mengesankan perdana menteri dan mendukung kecenderungan separatisme.

Polisi mengatakan FIR diajukan di bawah KUHP India yang berkaitan dengan penghasutan, gangguan publik, menyinggung keagamaan dan menghina dengan maksud untuk memprovokasi pelanggaran perdamaian.

Para selebriti pada bulan Juli telah menyoroti bahwa puji-pujian `Jai Shri Ram` (salam Dewa Rama) telah menjadi “seruan perang yang provokatif” yang mengarah pada masalah hukum dan ketertiban dan banyak penghakiman massa atas nama sang dewa.

“Pembantaian kaum Muslim, Dalit [kasta terendah di India] dan minoritas lainnya harus dihentikan segera,” bunyi surat tersebut dilansir Anadolu.

Sebanyak 49 selebriti menandatangani surat itu, di antaranya penyanyi Shubha Mudgal, aktor Konkona Sen Sharma dan sutradara film Shyam Benegal, Anurag Kashyap dan Mani Ratnam.

“Sangat mengejutkan bahwa begitu banyak kekerasan harus dilakukan atas nama agama! Ini bukan Abad Pertengahan! Nama Rama (Dewa Hindu) adalah suci bagi banyak orang di komunitas mayoritas India. Sebagai Eksekutif tertinggi negara ini, Anda harus menghentikan nama Ram dicemari dengan cara ini,” kata mereka dalam surat itu.

TAGS : Kabar Artis Sen Sharma Artis India Selebritis Bollywood

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/60408/49-Selebritis-India-Dilaporkan-ke-Polisi/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of