Rey Bong, Si Dul Kecil dalam Si Doel The Series

Rey Bong, Si Dul Kecil dalam Si Doel The Series

Cerita Kasdullah alias Doel (Rano Karno) ternyata belum selesai. Film Akhir Kisah Cinta Si Doel (2020) nyatanya bukan sebuah akhir. Sebab, berbagai cerita baru masih berlanjut. Termasuk cerita Abdullah alias Dul (Rey Bong), anak Doel dan Sarah (Cornelia Agatha).

CERITA Dul didalami di sinetron Si Doel The Series, yang tayang sejak 27 Desember 2022. Dalam sinetron yang tayang Senin-Jumat pukul 18.00 WIB di RCTI itu, diketahui bahwa kehidupan keluarga Doel tidak baik-baik saja. Rumah tangganya dengan Zaenab (Maudy Koesnaedi) dingin meski mereka punya seorang anak perempuan.

Di sisi lain, Dul dan ibunya, Sarah –yang resmi bercerai dengan Doel di Akhir Kisah Cinta Si Doel–, punya masalah lain ketika mereka memutuskan tinggal di Jakarta. Sarah mengidap penyakit. Dul sendiri lambat laun ingin Doel, ayahnya, lebih perhatian kepada dia dan ibunya.

Tak hanya itu, Dul pun menghadapi percintaan remaja. Ada dua perempuan yang mendekatinya. Yakni, Yalova (Rinoa Senduk) dan Tari (Nabila Bintang). Persis yang dialami ayahnya ketika bertemu Sarah dan Zaenab saat muda. ’’Makin lama saya lihat, Dul kecil mirip sama papanya,” seloroh Rey saat ditemui Jawa Pos Rabu (11/1) siang di kawasan Cipinang Cempedak, Jakarta Timur.

Salah satu hal yang membuat Rey merasa nyaman kembali memerankan Dul adalah sikap dan cara kerja Rano. Aktor yang menjadi sutradara, penulis, sekaligus produser eksekutif itu tahu betul cara menjalin hubungan dengan para cast dan kru. Rano menganggap mereka adalah keluarga, alih-alih sekadar rekan akting. ’’Papa Rano bikin kami merasa seperti keluarga,” ujar Rey, menyebut Rano dengan sebutan ’’papa” alih-alih ’’pak” atau ’’om”.

Rey sendiri menganggap Rano, Lia, Maudy, dan bahkan Ahmad Zulhoir –pemeran Abi, anak Atun (Suti Karno)– sebagai keluarga. Cara mereka berinteraksi dan berelasi baik di depan dan belakang kamera terbilang sama. Makanya, Rey mengaku tak kesulitan menjalin chemistry dengan mereka.

Dul punya cerita yang lebih kompleks. Selain menghadapi masalah keluarga, dia punya masalah terkait kehidupannya sebagai remaja. Bagi Rey, menghidupkan karakter Dul di Si Doel The Series terbilang susah-susah gampang. Dalam proses syuting yang berlangsung pada Agustus hingga September 2022, dia harus mengingat kembali bagaimana karakter Dul yang diciptakan Rano sekaligus memberi interpretasi sendiri sesuai naskah.

Karakter Dul sendiri sebenarnya adalah gabungan dari Doel dan Sarah, dua karakter yang sangat khas. Dul tegas seperti Sarah sekaligus lembut seperti Doel. Rano juga memberikan kebebasan bagi Rey untuk mengeksplorasi karakternya. Dia dan cast lain bahkan diberi waktu yang cukup untuk mendalami dialog dan adegan sebelum syuting.

Cerita Dul, kata Rey, masih terus berlanjut. Namun, dia mengaku tidak tahu bagaimana akhirnya. ’’Papa Rano pas ditanya kelanjutan, bilang ’Nanti dulu ya. Selesaikan naskah dulu, hahaha,” seloroh Rey.

BAGAIMANA KELANJUTANNYA?

Si Doel the Series menunjukkan bahwa para tokoh punya masalah yang belum selesai. Bahkan setelah bertahun-tahun sejak sinetron Si Doel Anak Sekolahan kali pertama tayang pada 1994. Apa saja?

DOEL (RANO KARNO)

Selain masalah rumah tangganya dengan Zaenab, Doel dihadapkan pada pilihan dalam pekerjaannya. Selain itu, dia kembali galau soal Sarah.

ZAENAB (MAUDY KOESNAEDI)

Zaenab merasa pernikahannya dengan Doel terasa hambar, tanpa cinta yang tulus. Dia pun ingin mencoba mencari pekerjaan untuk menambah penghasilan.

SARAH (CORNELIA AGATHA)

Penyakit yang dideritanya perlu perawatan khusus. Sarah juga mencoba menguatkan diri untuk tidak mengganggu Doel, yang kini sudah bersama Zaenab.

MAK NYAK (AMINAH TJENDRAKASIH)

Mak Nyak masih terbaring lemah di pembaringan. Sesekali, dia memberikan wejangan untuk Doel. Itu adalah syuting terakhir Aminah sebelum dia wafat pada 21 Desember 2022.

MANDRA (MANDRA NAIH)

Masih berusaha mencari pekerjaan layak dengan gaji bulanan selain menarik ojek. Berniat melamar Munaroh (Maryati Tohir), cinta lamanya yang kini punya satu anak, Gadis (Wizzy).

ATUN (SUTI KARNO)

Sibuk menjadi ibu tunggal bagi Abi (Ahmad Zulhoir) sambil membuka usaha warung.


Credit: Source link

Related Articles