Tips Memilih Jenis Mainan yang Tepat untuk Anak Sesuai Usianya

Tips Memilih Jenis Mainan yang Tepat untuk Anak Sesuai Usianya

JawaPos.com – Hadirnya lato-lato yang kini viral dan dimainkan semua usia, membuat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) hadir untuk memberi tips bagi orang tua untuk memilihkan mainan terbaik bagi anak. Salah satu syaratnya adalah harus aman dan sesuai usianya.

Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), mengatakan para orang tua disarankan memilih permainan yang aman sesuai SNI. Dan perhatikan usia anak untuk memilih permainan yang tepat.

“Untuk anak balita, berikan mainan khusus balita yang dirancang berbagai kemampuan dasarnya. Sesuai dengan perkembangan fisik mental dan sosial anak,” katanya kepada wartawan secara virtual, Senin (16/1).

Selain itu, mainan anak juga harus bersifat multifungsi. Satu mainan dapat melatih stimulasi dan problem solving atau menyelesaikan masalah.

“Misalnya puzzle atau lego. Dapat membantu melatih konsep-konsep dasar. Bentuk warna besaran untuk melatih motor halus,” ujarnya.

Perkembangan Anak Sesuai Usianya

Usia 0-2 tahun

Fase awal anak memiliki kemampuan didominasi sensori motor, bantu perkembangan dan kemampuan mengenali warna bau tekstur.

Usia 3-6 tahun

Mulai tertarik eksplorasi sehingga permainan yang memancing minat petualangan mereka akan lebih disarankan

Usia prasekolah

Fase ini dapat mengembangkan rasa keja sama dan kemampuan sosialisasi

Usia Sekolah

Fase ini memiliki kemampuan merangsang kemampuan peran, ketangkasan, dan kreativitas

Usia 10-18 tahun

Memiliku kecepatan daya pikiran, kemampuan perencanaan, penyelesaian masalah.

“Penting untuk cek label SNI. Cek ukuran mainan, bentuk mainan, suara, hingga bagian mekanis. Apakah suaranya terlalu memekikkan telinga, apakah bentuknya aman, apakah mekanisnya mudah terlepas dan gampang tertelan oleh anak. Ini harus diperhatikan,” kata dr. Bernie.

Berikut adalah Jenis Mainan yang Bisa Dipilih:

0-6 bulan

Permainan yang bisa dipilih adalah cilukba, melatih suara penglihatan bonding, bermain cermin senang lihat wajah

7-12 bulan

Rattle, gemericik, kincringan. Squeeze toys teethers. Push and pull toys. Mainan dengan cahaya karena sudah memiliki kemampuan visual mengenal warna. Ring stack boneka jari boneka tangan.

1-2 tahun

Mainan yang cocok yakni Ride on toys. Roda empat yang digerakkan kakinya sendiri untuk melatih tungkai kaki. Puzzle sederhana dengan ukuran besar yang mudah dipegang. Pop up toys atau mainan dapat dinyalakan demgan tekan tombol pada mainan tersebut.

2-3 tahun

Fit in puzzle. Mainan berbentuk rumah-rumahan bergambar buah atau binatang. Hingga cocokkan gambar dan buku cerita gambar.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles