Jay Enhypen Masih Merasa Bersalah Soal Omongan Tentang Sejarah Korea

Jay Enhypen Masih Merasa Bersalah Soal Omongan Tentang Sejarah Korea

JawaPos.com – Member boy group K-Pop Enhypen, Jay untuk kedua kalinya meminta maaf atas kecerobohannya ketika membicarakan sejarah Korea. Setelah seminggu lebih berlalu dari permintaan maaf pertamanya, Jay kembali menuliskan penyesalannya, dikutip dari POJOK SATU.

Aku menulis postingan ini untuk meminta maaf sekali lagi atas kesalahpahamanku tentang sejarah negara kita di Weverse Live pada 10 Januari,” tulisnya Jay Enhypen via aplikasi Werverse.

Jay Enhypen mengungkapkan minta maaf karena salah mengucapkan dengan kosa katanya yang tidak mencukupi tanpa cukup mengetahui tentang sejarah negaranya sendiri.

Pada saat live, aku mengungkapkan pemikiranku tentang sejarah Korea hanya dengan materi terbatas yang aku pelajari, tidak menyadari bahwa makna yang salah dapat tersampaikan. Member yang bersamaku mencoba untuk memperbaikinya, tetapi pada saat itu aku cukup ceroboh untuk tidak menyadarinya,” akunya.

Jay mengakui pemilihan kata-kata di permintaan maaf pertamanya sangat kurang. “Seharusnya aku memikirkannya dengan hati-hati sebelum mengatakannya, tapi aku juga minta maaf untuk itu. Itu adalah tindakan yang sangat ceroboh bagiku untuk menggambarkan sejarah mendalam negara kita, bahkan kekurangan kosakata untuk mengungkapkan permintaan maafku dengan benar,” bebernya.

Jaya menggambarkan mentalnya yang drop gegara kecerobohannya itu. Apalagi, setelah banyak kritikan yang dibacanya di media sosial.

Hatiku sakit karena kesalahanku, yang aku pelajari setelah Weverse Live dan membaca kata-kata yang diucapkan banyak orang setelah posting terakhir. Aku merenungkan diriku sendiri, merasakan betapa besar masalah kesalahanku bisa menjadi,” jelasnya.

Namun, dia memahami masalah tersebut tidak dapat diselesaikan dengan intropeksi saja. Dia harus mengakui kesalahannya dengan benar dan meminta maaf lagi untuk memperbaiki masalah yang dimulai dengan ucapannya.

Aku khawatir aku tidak dapat mengekspresikan diri aku dengan benar, jadi inilah mengapa aku mempostingnya hari ini,” ungkapnya.

Jay mengatakan akan berusaha keras untuk mengulangi kesalahan yang sama lagi. “Aku akan berusaha menjadi orang yang lebih banyak mendengarkan cerita orang di masa depan dan memiliki sikap yang bijaksana,” lanjutnya.

Dia menyesal atas semua yang terjadi terutama grupnya dan fansnya. “Aku dengan tulus meminta maaf kepada anggota Enhypen dan Engene yang mencintai kami karena aku telah menyebabkan terlalu banyak kerusakan pada tim karena kurangnya ekspresiku,” bebernya.

Aku bakal melakukan yang terbaik tidak hanya untuk berbicara, tetapi juga untuk menjadi orang yang lebih baik dan berdiri di depan Engene,” ungkapnya.

Sebelumnya, masalah Jay Enhypen ini muncul saat sedang Live media sosial dengan dengan sesama member Sunghoon. Saat itu, Sunghon berkomentar, “Saya menemukan sejarah Korea menjadi menyenangkan akhir-akhir ini”.

Jay spontan menjawab, “Saya (lebih suka) sejarah dunia. Saya belajar banyak tentang sejarah Korea di sekolah. Saya tidak berpikir ada banyak informasi. Jika Anda hanya belajar selama beberapa minggu atau membaca sepintas lalu, itu akan berakhir dengan sangat cepat. Rasanya seperti cerita pendek”.


Credit: Source link

Related Articles