Meratus Luncurkan SMARCO, Solusi Smart Container Pertama di Indonesia

Meratus Luncurkan SMARCO, Solusi Smart Container Pertama di Indonesia

JawaPos.com–Perusahaan pelayaran terkemuka di Indonesia, Meratus, meluncurkan inovasi terbaru, SMARCO-Smart Container bekas. Hal itu untuk memenuhi permintaan pengiriman kontainer yang lebih efisien dan aman.

Dengan sensor IoT canggih, pelacakan GPS, dan teknologi berbasis cloud, SMARCO memberi kemungkinan bisnis untuk memiliki visibilitas dan kendali penuh terhadap pengiriman kontainer. Termasuk pemantauan pergerakan, kecepatan, guncangan, penyusup, dan perubahan suhu secara real-time.

”SMARCO adalah inovasi baru Meratus yang memungkinkan pelanggan kami memiliki visibilitas penuh atas seluruh proses pengiriman kontainer. Dengan informasi real-time, pelanggan kami dapat dengan mudah melacak kontainer mereka baik di darat maupun di laut. Informasi yang tersedia di SMARCO juga dapat digunakan untuk menganalisis penghematan biaya operasional dan sistem keamanan yang lebih baik,” ujar CEO Meratus Farid Belbouab.

Farid menjelaskan, sistem keamanan canggih SMARCO dapat mendeteksi setiap pembukaan segel yang tidak resmi. Selain itu, mencegah kemungkinan pencurian atau penyelundupan ilegal.

Inovasi teknologi itu, menurut dia, merupakan yang pertama di industri pelayaran di Indonesia. ”Setelah tiba di tempat tujuan, pelanggan menerima laporan lengkap tentang setiap faktor yang terjadi selama proses pengiriman,” ungkap Farid.

Lalu, laporan itu dapat digunakan untuk menganalisis kinerja pengiriman, mengidentifikasi hal-hal yang perlu dioptimalkan untuk efisiensi biaya, efektivitas waktu, dan pengurangan emisi karbon. Juga meningkatkan efektivitas rantai pasokan dan sistem keamanan.

Seluruh fitur canggih yang dimiliki SMARCO, menurut Farid Belbouab, tidak terlepas dari sebuah perangkat kecil yang disematkan di kontainer. Perangkat tersebut memiliki fitur pengisian baterai panel surya sehingga lebih hemat energi dengan sensor getaran, gerakan, dan kecepatan yang dipadukan dengan teknologi GPS.

Farid menyatakan, data yang dihasilkan juga telah dilengkapi enkripsi data yang menjamin keamanan serta fast network registration untuk memastikan keamanan dan efisiensi pengiriman kontainer pelanggan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Dimas Nur Aprianto


Credit: Source link

Related Articles