Tema Kiamat Semakin Dekat di PPT, Begini Penjelasan Deddy Mizwar

Tema Kiamat Semakin Dekat di PPT, Begini Penjelasan Deddy Mizwar

JawaPos.com – Sinetron Para Pencari Tuhan (PPT) jilid 16 pada bulan Ramadan tahun ini mengusung tema Kiamat Semakin Dekat. Deddy Mizwar selaku tokoh kunci atas sinetron religi tayangan SCTV tersebut memberikan penjelasan di balik pemilihan tema.

Dia mengatakan, kiamat jadi semakin dekat ketika orang-orang semakin jauh dari agama dan Tuhan. Tema ini tercermin dari cerita dimana anak-anak muda yang menjauh dari nilai-nilai agama dan ke-Tuhan-an.

“Ketika orang-orang sudah semakin menjauh dari nilai-nilai agama maka berarti kiamat sudah semakin dekat,” kata Deddy Mizwar di hadapan awak media dalam jumpa pers virtual, Jumat (24/3).

Para Pencari Tuhan terbukti sukses saat mengambil fokus cerita pada orang-orang tua yang mempersiapkan diri untuk menyambut kematian yang tayang dalam jilid 15 pada bulan Ramadan tahun lalu.

Di bulan Ramadan tahun ini, cerita justru terbalik berfokus pada anak-anak muda yang jauh dari agama dan nilai-nilai ketuhanan. Keberadaan anak-anak muda ini bahkan sudah meresahkan masyarakat.

Deddy Mizwar menyebut, mau cerita berfokus pada orang tua atau anak-anak muda sebenarnya sama-sama memiliki potensi untuk sukses. Dengan catatan, alur cerita yang dibuat memang menarik.

Deddy Mizwar menyatakan, proses kreatif dari sinetron Para Pencari Tuhan kuncinya terletak pada proses penulisan naskah. Sebelum dilakukan proses syuting, naskah PPT sudah harus matang terlebih dahulu.

“Titik komanya juga harus benar. Deskripsinya pun harus jelas kenapa tokoh ini duduk, kenapa berdiri, dan lain-lain. Sehingga para pemain mendapat gambaran secara jelas,” papar Deddy Mizwar.

PPT termasuk sangat berpatokan pada naskah. Improvisasi bisa saja dilakukan pemainnya dalam bentuk ekspresi tubuh. Namun seumpama dianggap tidak memiliki makna, maka dipastikan dalam proses editing akan di-cut.

“Kebanyakan pemain melakukan improvisasi jika skenarionya jelek,” kata Deddy Mizwar.


Credit: Source link

Related Articles