Akhir Perjalanan Pembunuh Bayaran John Wick: Chapter 4

Akhir Perjalanan Pembunuh Bayaran John Wick: Chapter 4

Sembilan tahun berlalu sejak dunia mengenal nama John Wick (Keanu Reeves) yang tangguh dalam film John Wick (2014). Perjalanannya terus berlanjut hingga menemui ujung kisahnya pada John Wick: Chapter 4 yang dirilis pada 22 Maret lalu.

JOHN Wick bersiap untuk melakukan pembalasan terhadap The High Table sambil bersembunyi dengan Bowery King (Laurence Fishburne). Satu-satunya jalan untuk mengakhiri pertarungan panjangnya dengan organisasi kriminal itu adalah melakukan duel.

Namun, hal itu tak semudah yang dibayangkan. John harus berhadapan dengan musuh baru yang tak kalah mengerikan. Bahkan, dia harus berhadapan dengan sosok teman lama yang menjadi musuh.

Film keempat John Wick itu memiliki durasi terpanjang jika dibandingkan dengan tiga film sebelumnya, yakni hampir tiga jam. Sebagian besarnya tentu diisi dengan adegan-adegan aksi yang superintens, bahkan bisa dibilang paling menegangkan di antara film John Wick lainnya.

Mulai hand-to-hand combat, penembakan, pengejaran dengan motor atau mobil, hingga penggunaan senjata tradisional. Bisa dibilang John Wick: Chapter 4 adalah film action terbaik tahun ini.

Kepiawaian Reeves sebagai John Wick tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Empat film itu menjadi bukti bahwa karakter John Wick mendarah daging di dalam diri Reeves. Seperti biasa, John tidak terlalu banyak berbicara, tetapi langsung beraksi.

Tak ada sedikit pun rasa takut di matanya meski dia harus menghadapi ratusan musuh sendirian. Reeves sebagai John berhadapan dengan beberapa karakter yang baru muncul. Salah satunya, Caine yang diperankan Donnie Yen.

John harus rela berbagi pesona dengan Caine dalam film tersebut. Yen dengan kemampuan akting dan bela dirinya benar-benar menjadi scene-stealer. Dia mampu menampilkan adegan aksi yang khas, terlebih sosok Caine digambarkan buta.

Dinamika love-hate relationship-nya dengan John serta bagaimana dia mempertahankan apa yang dicintainya juga menarik untuk ditonton. Kehadiran Yen juga menambah unsur emosional dalam film itu. Reeves menyebut Yen sebagai legenda dalam film aksi.

’’Aku sangat mengapresiasi bagaimana dia menciptakan karakter Caine dan menghubungkannya dengan bagaimana dia melakukan tindakan. Itu hampir karakternya dulu yang pertama, dan kemudian melakukan aksi adalah ekspresi karakter, yang merupakan perspektif yang aku dan Chad (Stahelski, sutradara, Red) bagikan,’’ kata Reeves sebagaimana dilansir Entertainment Weekly.

Selain berbagai jenis aksi yang intens, film itu kian menarik dengan latar tempat yang cantik. Lanskap dari beberapa penjuru dunia dieksplor. Misalnya, padang pasir di Timur Tengah, nuansa malam di Jepang, hingga beberapa negara Eropa.

Paris yang menjadi set utamanya pun ditampilkan dengan cukup detail lewat ikon-ikon kotanya. Mulai Menara Eiffel, Sacré-Cœur Basilica, hingga lukisan Liberty Leading the People karya Eugène Delacroix.

TRIVIA

– Film ini menjadi film terakhir Lance Reddick, pemeran Charon, sebelum kematiannya yang mengejutkan karena penyebab alami pada 17 Maret lalu. Saat premiere film ini di Los Angeles, para cast dan kru memakai pita biru sebagai bentuk penghormatan terhadap Reddick.

– Pemeran The Elder yang awalnya diperankan Saïd Taghmaoui dalam John Wick 3 (2019) diganti menjadi George Georgiou. Kemungkinan besar alasan utamanya adalah Taghmaoui sedang sibuk syuting serial Professionals sejak 2020.

– Adegan terberat yang diakui Reeves adalah ketika bertarung di Hotel Osaka Continental. Pertarungan itu menyatukan judo, jujitsu, senjata nunchaku, hingga pedang wakizashi. Reeves menjalani sequence pertarungan selama sepuluh jam dalam sehari. Dia mengakhiri hari syuting dengan berendam di dalam air es.

– Pada 2020, Lionsgate menyatakan bahwa syuting John Wick: Chapter 5 akan dilakukan langsung setelah Chapter 4. Karena delay akibat pandemi, hal itu dibatalkan. Kemungkinan Chapter 5 memang ada, tapi Stahelski mengaku perlu waktu beristirahat.

JOHN WICK: CHAPTER 4

Sutradara: Chad Stahelski

Penulis: Shay Hatten, Michael Finch

Berdasar karakter dari: Derek Kolstad

Casts: Keanu Reeves, Donnie Yen, Bill Skarsgård, Laurence Fishburne, Hiroyuki Sanada, Shamier Anderson

Tanggal rilis Indonesia: 22 Maret 2023

Durasi: 169 menit

IMDb: 8,5/10

Rotten Tomatoes: 95%


Credit: Source link

Related Articles