Future Skills Batch 9 Resmi Dibuka, Hadirkan Aplikasi Future Skills Light

Future Skills Batch 9 Resmi Dibuka, Hadirkan Aplikasi Future Skills Light

JAKARTA – Program Future Skills by Pijar Foundation secara resmi membuka batch ke-9 melalui acara Opening Ceremony & On Boarding Future Skills Batch 9. Acara yang mengusung tema “Bersama Berdaya, Tumbuh dan Berkarya, Mewujudkan Talenta Global Indonesia” ini diikuti oleh 5.963 peserta dari seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Ageng Sajiwo selaku Director of Future Skills by Pijar Foundation meluncurkan aplikasi terbaru bernama Future Skills Light. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah aktivitas pembelajaran peserta program Future Skills. “Melalui Future Skills Light, kini peserta dapat dengan mudah belajar dari mana saja dan kapan saja,” ujar Ageng.

Acara yang digelar secara daring ini terbagi menjadi beberapa sesi, di antaranya sesi pembukaan, pemutaran video testimoni alumni, talkshow inspiratif, serta sesi onboarding dan penutupan. Pada sesi onboarding, peserta akan mendapatkan penjelasan mengenai teknis aktivitas perkuliahan yang akan dijalankan selama satu semester ke depan.

Future Skills Batch 9 menawarkan program kuliah online bersertifikat yang dapat diikuti oleh seluruh peserta. Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang komprehensif dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Sejak tahun 2019, Future Skills telah berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan dan keterampilan generasi muda Indonesia. Hingga saat ini, lebih dari 70.000 peserta dan 100 mitra kolaborator telah bergabung dalam program ini. Pada batch ke-9, sebanyak 31 mitra yang berasal dari berbagai latar belakang akan mendidik dan mengajarkan keterampilan masa depan kepada para peserta.

Menurut data BPS, pada tahun 2023 terdapat lebih dari 945.000 pengangguran lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Hanya sekitar 22% lulusan yang memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan industri. Future Skills hadir untuk menjawab tantangan tersebut dengan menghubungkan masyarakat, industri, dan perguruan tinggi dalam satu ruang untuk menyelenggarakan pendidikan secara gratis.

Para alumni program Future Skills mengaku mendapatkan banyak manfaat dari program ini. Mereka bisa mengembangkan soft skills maupun hard skills yang dibutuhkan di dunia kerja. Melalui kelas-kelas yang diadakan, peserta bisa langsung mempraktikkan ilmu yang didapat.

Dengan digelarnya Opening Ceremony & On Boarding Future Skills Batch 9, diharapkan semakin banyak talenta muda Indonesia yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya agar relevan dengan kebutuhan industri saat ini dan di masa depan. Program kuliah online bersertifikat yang ditawarkan juga diharapkan dapat memperluas akses pendidikan berkualitas bagi masyarakat Indonesia.

Related Articles