Perumahan Dibongkar, Palestina Hentikan Perjanjian dengan Israel

Perumahan Dibongkar, Palestina Hentikan Perjanjian dengan Israel

Presiden Palestina Mahmoud Abbas jadi pembicara dalam pertemuan Dewan Pusat Palestina di kota Ramallah, Tepi Barat, 14 Januari 2018 (Mohamad Torokman/Reuters)

Jakarta, Jurnas.com – Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan pemerintahnya akan berhenti menerapkan perjanjian dengan Israel dalam menanggapi pembongkaran rumah-rumah Palestina yang baru dibangun di dekat Yerusalem Timur.

Sebuah komite khusus akan dibentuk untuk mengawasi penghentian semua kerja sama dengan Israel, Abbas mengatakan pada pertemuan kepemimpinan Palestina yang diadakan pada Kamis malam untuk membahas pembongkaran militer Israel pada hari Senin atas bangunan tempat tinggal, banyak di antaranya masih dalam pembangunan di daerah Sur Baher yang mengangkangi Tepi Barat dan Yerusalem.



Mayoritas bangunan berada di Area A di Tepi Barat yang diduduki, di bawah kendali Otoritas Palestina, badan yang dipimpin oleh Abbas yang mengoperasikan pemerintahan sendiri yang terbatas di wilayah yang diduduki Israel.

PA telah memberikan izin kepada warga untuk membangun struktur, tetapi Israel mengatakan bangunan itu terlalu dekat dengan penghalang pemisah yang memotong Tepi Barat.

“Kami tidak akan menyerah pada perintah dan pengenaan hukuman kaki di tanah dengan kekuatan brutal, khususnya di Yerusalem. Semua yang dilakukan negara pendudukan itu ilegal dan tidak berlaku,” kata Abbas dalam pertemuan di kota Tepi Barat itu. Ramallah dilansir The National.

“Kami mengumumkan keputusan kepemimpinan untuk berhenti mengimplementasikan perjanjian yang ditandatangani dengan pihak Israel,” katanya.

Meskipun pemimpin Palestina berusia 84 tahun itu telah membuat ancaman serupa sebelumnya dan tidak menerapkannya, dia tidak pernah berbicara dengan begitu jelas dan pasti tentang putusnya kerjasama.

Israel dan PA bekerja sama dalam berbagai hal mulai dari air hingga keamanan, tetapi hubungan telah memburuk dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan Februari, Israel memutuskan untuk mengurangi sekitar $ 10 juta (Dh36,7 juta) sebulan dari pendapatan pajak yang dikumpulkannya atas nama orang-orang Palestina, sesuai dengan jumlah yang dikatakan PA membayar kepada keluarga tahanan atau langsung ke narapidana di penjara-penjara Israel.

Israel melihat pembayaran semacam itu sebagai serangan yang menggembirakan sementara orang Palestina melihatnya sebagai dukungan bagi keluarga yang sering kehilangan pencari nafkah utama.

Palestina telah menanggapi menolak untuk mengambil salah satu dari sekitar $ 180 juta pendapatan pajak bulanan sampai jumlah penuh ditransfer, meninggalkan PA dalam krisis keuangan.

Pembongkaran pada hari Senin, yang dikutuk oleh negara-negara Arab, Uni Eropa dan pejabat PBB, tampaknya menjadi pukulan terakhir.

Penghancuran rumah-rumah Palestina “hanya dapat digolongkan sebagai pembersihan etnis dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang tidak dapat ditoleransi”, kata Abbas.

TAGS : Israel Apartemen Palestina

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/56563/Perumahan-Dibongkar-Palestina-Hentikan-Perjanjian-dengan-Israel/

Related Articles