5 Masalah yang Sering Muncul di Awal Pernikahan

5 Masalah yang Sering Muncul di Awal Pernikahan

JawaPos.com – Baru menikah di bulan-bulan atau tahun pertama, hal yang wajar jika masing-masing pasangan masih mencoba beradaptasi. Ketidakcocokan atau perbedaan pendapat, pasti dialami setiap pasangan. Mereka yang sudah menikah lama, pasti tahu bahwa pernikahan dapat mengalami masa sulit kapan saja.

Psikiater Carly Snyder mengatakan ketika perdebatan terjadi di awal pernikahan, umumnya bisa sangat mengkhawatirkan. Akan tetapi jangan panik karena pasang surut ini sangat umum terjadi.

“Pernikahan di 2 tahun pertama jadi penentu. Bisa berhasil atau menghancurkan pernikahan mereka,” katanya seperti disebut di laman Very Well Mind.

Pakar Hubungan Ted Huston dari University of Texas di Austin memberikan komentar tentang studi tentang prediktor kepuasan dan pemicu stres dalam pernikahan. Studi ini menunjukkan bahwa pasangan yang baru menikah mengalami perubahan selama 2 tahun pernikahan awal.

Setiap pasangan bisa bertengkar, terutama selama tahun pertama pernikahan karena perlahan-lahan berusaha menyesuaikan gaya hidup satu sama lain. Berikut adalah 5 konflik yang paling umum yang dialami pasangan selama tahun pertama pernikahan mereka seperti dilansir dari Pink Villa, Kamis (20/8).

1. Takut Ungkapkan Keinginan

Ingat, pasangan juga tak bisa membaca pikiran Anda. Jika memiliki uneg-uneg, sebaiknya diungkapkan. Sebab emosi yang terpendam, mungkin menyebabkan masalah hubungan. Yang perlu Anda lakukan adalah berkomunikasi secara terbuka satu sama lain untuk memahami kebutuhan satu sama lain.

2. Didesak Mertua

Hal umum terjadi pada pasangan saat mertua mengajukan pertanyaan tentang kapan berencana untuk memiliki bayi. Dua orang dewasa yang matang mampu membuat batasan tegas, siapa saja yang berhak ikut campur dalam hubungan.

3. Coba Hindari Konflik

Penting untuk dipahami bahwa Anda adalah individu lain pasti memiliki perspektif yang berbeda. Maka cobalah berdamai dengan perbedaan untuk menghindari konflik. Fokus pada kelebihan satu sama lain daripada kelemahan.

4. Dikekang, Tak Punya ‘Me Time’

Sebelum menikah, harusnya berpikir dua kali karena pastinya bisa lebih bebas. Sebelum menikah, membuat rencana bersama teman, menghadiri seminar, spa day, pasti akan terasa bebas. Namun setelah menikah, ada hal yang berubah. Sangat penting untuk menjadi pasangan yang lebih baik setiap hari.

5. Keuangan

Pakar hubungan menyebut uang sebagai salah satu alasan terbesar mengapa pasangan bertengkar. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah uang adalah memiliki transparansi dalam hubungan dan menyusun titik temu.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles