KAI Prediksi Besok jadi Puncak Penumpang Kereta Api Balik ke Jakarta

KAI Prediksi Besok jadi Puncak Penumpang Kereta Api Balik ke Jakarta

JawaPos.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan, hari ini mulai terjadi masa arus kedatangan penumpang kereta api (KA) di stasiun area PT KAI Daop 1 Jakarta. Kedatangan penumpang mengalami peningkatan sekitar 88 persen jika dibandingkan akhir pekan lalu.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa memperkirakan sebanyak 19.857 penumpang akan tiba di stasiun-stasiun wilayah Daop 1 pada 22-24 Agustus 2020. Ribuan penumpang akan turun di Stasiun Karawang, Cikampek, Bekasi, Jatinegara, Gambir, dan Pasar Senen. Pekan sebelumnya jumlah penumpang hanya mencapai 10.586 penumpang.

“Saat ini prediksi kedatangan penumpang tertinggi di area Daop 1 Jakarta terjadi pada tanggal 24 Agustus 2020, yakni sebesar 9.011 penumpang,” ujarnya dalam keterangannya, Minggu (23/8).

Adapun mayoritas KA tersebut adalah kereta-kereta yang berangkat pada tanggal 23 Agustus 2020 dari sejumlah wilayah di luar area Daop 1 seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jumlah KA yang datang ke area Daop 1 Jakarta mencapai 39 KA, di antaranya 21 KA ke Stasiun Gambir dan 18 KA tiba di Pasar Senen.

PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan bahwa penumpang kereta yang tiba adalah penumpang yang sudah mengikuti persyaratan, seperti melampirkan surat keterangan rapid test dan pengecekan suhu tubuh normal yang dilakukan secara berkala sejak dari stasiun keberangkatan baik dari area Jawa Timur, Jawa Tengah, atau jarak menengah lainnya seperti Bandung dan Cirebon.

“Hal tersebut merupakan SOP yang wajib dilakukan untuk keseluruhan pemberangkatan KA semua stasiun,” ucapnya.

Selain itu, sebagai upaya pencegahan Covid-19 para pengguna tetap diwajibkan menggunakan face shield saat tiba di stasiun tujuan, dan diimbau untuk memakai baju lengan panjang.

“Sebagai antisipasi, pada setiap kereta juga telah dilengkapi ruang isolasi sementara jika sewaktu-waktu di perjalanan terdapat penumpang dengan suhu tubuh 37,3 atau lebih. Selanjutnya penumpang dengan kondisi tersebut akan diturunkan di stasiun terdekat yang memiliki pos kesehatan untuk penanganan lanjutan,” tuturnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles