Hari ini BPS Mulai Cacah Jiwa, dengan Terapkan Protokol Covid-19

Hari ini BPS Mulai Cacah Jiwa, dengan Terapkan Protokol Covid-19

JawaPos.com – Badan Pusat Statistik (BPS) bakal menyensus penduduk door-to-door hari ini (1/9). Petugas meminta masyarakat kooperatif dan jujur. Sebab, data yang diperoleh akan menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan dan keputusan pemerintah.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan, sistem sensus kali ini menggunakan metode kombinasi dengan data dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai dasar. Data dikumpulkan secara daring pada 15 Februari–29 Mei lalu. Tercatat, 51,36 juta penduduk telah berpartisipasi. Jumlah itu baru 19 persen dari total penduduk Indonesia. Masih ada 81 persen penduduk yang keberadaannya harus dicatat.

“Untuk melengkapi data penduduk yang telah terkumpul, sensus penduduk 2020 dilanjutkan dengan pencacahan lapangan pada September,” kata Suhariyanto dalam konferensi pers virtual Senin (31/8).

Dia mengakui melakukan banyak penyesuaian dan perubahan akibat persebaran virus SARS-CoV-2. Mekanisme sensus penduduk dengan wawancara diubah dengan membagi tiga zona wilayah Indonesia.

Suhariyanto menyadari cacah jiwa berisiko. Namun, BPS telah melakukan berbagai mitigasi untuk meminimalkan risikonya. Termasuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Petugas dilengkapi masker, face shield, sarung tangan, dan hand sanitizer serta menerapkan physical distancing.

 


Credit: Source link

Related Articles