Karier Terdampak Pandemi, Lakukan Hobi Menulis Sambil Cari Uang

Karier Terdampak Pandemi, Lakukan Hobi Menulis Sambil Cari Uang

JawaPos.com – Meski sudah memasuki era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), namun melonjaknya kasus Covid-19 membuat para pegawai dan juga lembaga pendidikan meminta pegawainya untuk kembali bekerja dari rumah. Bosan di rumah, demi aman dari Covid-19, mengapa tidak melakukan kegiatan positif saja. Salah satunya jika memiliki hobi dan bakat menulis.

Apalagi jika hobi itu bisa menghasilkan uang tambahan. Tak hanya positif tetapi juga produktif dari rumah. Banyaknya kepala keluarga yang terkena PHK membuat banyak keluarga mengalami kesulitan ekonomi. Sejumlah milenial di Jakarta menulis bukan lagi dengan cara konvensional. Tetapi mereka sudah menulis lewat aplikasi digital.

“Awalnya menulis cerita hanya ingin menyalurkan hobi lalu ternyata bisa menghasilkan, mengejar bonus. Namun rencana Tuhan indah, bertepatan dengan tutupnya perusahaan tempat saya bekerja, novel saya masuk top rank melalui aplikasi. Maka saya ambil keputusan untuk menjadi fulltime writer yang semula hanya angan-angan,” ujar Liemey secara daring baru-baru ini.

Dirinya adalah mantan karyawan yang terdampak pandemi. Kantornya tutup dan akhirnya memutuskan untuk berani menjadi penulis profesional.

Karyawan terdampak lainnya yakni Zizara, merasa tak percaya diri awalnya sebagai penulis amatir. Tetapi ternyata dari hobinya menulis, dia justru bisa menutupi pengeluaran selama pandemi. “Dengan menulis bahkan gaji saya lebih besar dari gaji di kantor,” ujar Zizara.

Project Manager Aplikasi NovelMe, Aji Pribadi H, mengungkapkan di tengah pandemi dan krisis ekonomi masih ada harapan. Salah satu sektor usaha yang masih dapat berdiri dengan kokoh ditengah pandemi adalah sektor informasi dan teknologi. Cukup dengan menulis, seseorang bisa menyalurkan bakatnya sambil mendapat pundi selama pandemi.

“Kami berharap bisa menjaring dan melatih penulis yang lebih bervariasi serta membantu para penulis melalui pandemi ini bukan dengan keresahan tetapi dengan menghasilkan karya,” ungkapnya.

“Sehingga menjadi tempat penulis Indonesia berkarya dan mencari nafkah menjadi alternatif yang dapat diandalkan dikala krisis seperti saat ini. Siapa pun yang ingin berkarya tidak perlu keluar rumah, bisa mendapatkan penghasilan hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet,” kata Aji.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles