Tribute to Barli Asmara Pada JFW 2020 Hadirkan 48 Koleksi

Tribute to Barli Asmara Pada JFW 2020 Hadirkan 48 Koleksi

JawaPos.com – Perhelatan hari pertama Jakarta Fashion Week (JFW) 2021 pada Kamis (26/11) malam ditutup dengan kenangan haru dan manis dari koleksi mendiang desainer Barli Asmara. Peragaan busana Tribute to Barli Asmara terbagi dalam dua sekuen.

Sekuen pertama mempersembahkan 24 koleksi dari arsip Barli Asmara, yang menampilkan karyanya selama 18 tahun terakhir. Sedangkan sekuen kedua mempersembahkan 24 koleksi baru. Sekuen ini menampilkan bagaimana label Barli Asmara akan berlanjut dan berkembang di masa yang akan datang.

Sekuen Pertama : Arsip Barli Asmara- A Tribute

Sekuen pertama akan menampikan koleksi Barli Asmara dari tahun 2008 sampai dengan 2018. Koleksi-koleksi tersebut merupakan koleksi pilihan Barli Asmara untuk dimasukkan ke dalam
buku biografinya “15 Warsa Barli Asmara : Di Antara Gemerlap Ornamentasi”.

1. 2008-All About Ribbon, Koleksi dengan ornament pita yang cantik memberikan kesan riang dan meriah.

2. 2008-Royal Smock, Koleksi yang menampilkan kerajinan tangan indonesia, yaitu teknik
smock dengan banyak siluet O dan look yang edgy.

3. 2011-Macrame, Koleksi dengan Teknik simpul tali untuk memproduksi tekstil, menciptakan detail unik pada setiap look.

Koleksi Barli Asmara dalam A Tribute to Barli Asmara di JFW 2021. (JFW.TV)

4. 2012-The Fringe, Koleksi yang terinspirasi dari era 1920-an dengan menggunakan fringe
sebagai detail.

5. 2013-Royal Embroidery, koleksi serba putih dengan penggunaan bordir dan kejelian dalam menghias menggunakan material Mutiara, mote, quills, dan sequins.

6. 2014-Royal Javanese, koleksi yang menampilkan pesona budaya Jawa yang dituangkan dalam gaun bermotif truntum.

7. 2014-Royal Kerancang, menampilkan koleksi dengan seni bordir motif bunga,salur, dan lingkaran-lingkaran kecil. Motif bordir tersebut kemudian di lubangi sehingga menampikan
fabric yang semi transparan.

8. 2015-Versailles Garden, koleksi yang yang terinspirasi dari taman bunga dan kupu-kupu. Detail yang digunakan cukup beragam bordir bunga 3d, bids 3d, flannel, akrilik, dan digital print.

9. 2016-Glow of Parai, koleksi lanjutan dari Versaille Garden yang terinspirasi dari bunga dan kupu-kupu, dituangkan dalam koleksi dengan warna dominan hitam dan emas.

10. 2017-Orchid Fervor, koleksi yang terinspirasi dari bunga anggrek yang dituangkan pada detail penggunaan kain yang dibuat menyerupai kelopak bunga.

11. 2018-La Vie Boheme, koleksi yang terinspirasi dari era 1970-an dengan dominan warna emas dan penggunaan ornamentasi beadings.

Sekuen Kedua : La Danza De La Vida- New Collection-A Tribute

La Danza de La Vida adalah tema koleksi terbaru dari Barli Asmara Prêt-à-Porter di Jakarta Fashion Week 2021 kali ini. Di bawah kepemimpinan Direktur Kreatif baru, Leslie Tobing, koleksi ini adalah caranya untuk memberikan penghormatan kepada pendiri label Barli Asmara.

Setelah wafatnya Barli Asmara, Label Barli Asmara diteruskan oleh Leslie Tobing sebagai Direktur Kreatif baru. Leslie bekerja dengan Barli Asmara sejak 2016 sebagai Managing Director dan berfokus pada pengembangan bisnis lini pakaian siap pakai.

Koleksi La Danza de La Vida di Jakarta Fashion Week 2021 adalah koleksi pertamanya sebagai Direktur Kreatif. Koleksi ini menampilkan pakaian siap pakai premium sebagai tanda penghormatannya kepada pendiri label Barli Asmara.

“Bukan dengan terlarut dalam duka, saya ingin mengenang Barli Asmara dengan cara merayakan hidupnya,” kata Leslie dalam konferensi pers virtual baru-baru ini.

Dan salah satu cara yang menyenangkan adalah dengan berdansa. Terinspirasi dari tarian dan kostum meriah dari America Latin, seperti rumba dari Cuba, Samba dari Brazil, Arunguita dari Argentina, koleksi ini ingin menonjolkan keindahan dan kebebasan bergerak dari tiap busana yang ditampilkan.

Tanpa meninggalkan ciri khas Barli pada siluet ultrafeminin dan penggunaan bahan-bahan seperti brokat, chiffon, tulle, dan katun, setiap busana bergerak, melayang, bergoyang, seolah busana-busana tersebut berdansa dalam setiap langkah pemakainya. Aplikasi detail yang menjadi ciri khas dari lini pakaian siap pakai Barli Asmara, seperti ruffle, tangan gembung, dan rok tiered, tetap menjadi detail utama koleksi kali ini.

Eksplorasi warna dan motif bunga diimplementasikan untuk menggambarkan kemeriahan dari
tarian dan kostum Amerika Latin. Barli Asmara mendirikan labelnya pada 2011, memproduksi busana couture untuk perempuan. Ia mulai dikenal pada 2008, ketika diundang untuk menjadi salah satu Dewi Fashion Knights di Jakarta Fashion Week 2008 dan di tahun berikutnya Jakarta Fashion Week 2009.

Pada 2010, ia mendapatkan banyak penghargaan dari berbagai majalah mode, seperti AMICA Young Talented Designer Award, Elle Designer of The Year, AMICA Young Talented Designer Award, dan Kartika Magazine Best Designer of The Year. Dikenal dengan teknik unik dan detail indah pada pakaiannya, seperti teknik macrame, smock, fringe, bordir, dan ornamentasi lainnya, ia terus aktif pada industri mode sampai akhir hayatnya pada Agustus 2020. Sejak tahun 2016, ia memulai lini pakaian siap pakai, Barli Asmara Prêt-à-Porter, di www.barliasmara.id.

Saksikan video menarik berikut ini:


Credit: Source link

Related Articles