5 Tips Berperilaku di Dalam MRT Pada Masa Pandemi Covid-19

5 Tips Berperilaku di Dalam MRT Pada Masa Pandemi Covid-19

JawaPos.com – Indonesia terus berupaya menjalankan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang belum juga. Tidak bisa dipungkiri, banyak masyarakat masih terus pergi ke luar rumah untuk beraktivitas.

Menurut data dari BPS 2020, sekitar total 61,25% masyarakat lebih sering bepergian ke luar rumah, dimana 20,08% didominasi urusan pekerjaan . Seiring kegiatan masyarakat berjalan kembali, penggunaan transportasi umum di Jakarta mengalami peningkatan, salah satunya adalah MRT.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi menuturkan bahwa di masa pandemi Covid-19, MRT masih merupakan moda angkutan umum yang aman bagi publik.

“Sejak awal MRT Jakarta menerapkan protokol kesehatan ‘Bangkit Bersama’ yang ketat untuk penumpang maupun karyawan, sehingga sampai saat ini tidak ada kasus Covid-19 di lingkungan MRT Jakarta,” ujar Effendi dalam keterangan yang diterima JawaPos.com.

Ia melanjutkan, sebagai salah satu langkah preventif, MRT melakukan kerjasama dengan merek hand sanitizer Secret Clean untuk membantu pengguna MRT Jakarta memperketat protokol kesehatan. “Langkah ini juga kami ambil sebagai upaya peran serta dalam mengingatkan masyarakat akan pentingnya menerapkan 3M yang dianjurkan pemerintah,” kata Effendi.

Salah satu bentuk kerja samanya adalah pembagian 5.000 hand sanitizer gratis kepada pengguna MRT Jakarta, serta menyediakan fasilitas sanitasi berupa standing dispenser hand sanitizer di tiga stasiun besar MRT Jakarta, yakni Stasiun Dukuh Atas BNI, Lebak Bulus Grab dan Fatmawati.

“Masyarakat Indonesia kini menghadapi tantangan baru dimana aktivitas dapat kembali berjalan, namun tetap harus berpedoman pada protokol kesehatan. kami berupaya menjangkau masyarakat yang telah kembali bekerja dan menggunakan moda transportasi umum, agar lebih terlindungi selama perjalanan dengan hand sanitizer terbaik,” ujar Founder dan Direktur Utama PT Victoria Care Indonesia Billy Hartono Salim.

Untuk membuat pengguna MRT semakin nyaman, ada 5 tips untuk menjaga kebersihan selama berada di moda transportasi ini:

 

1. Menerapkan jaga jarak

Jaga jarak pribadi dengan penumpang lain. Bila ada yang terlalu dekat, tak perlu sungkan untuk berpindah atau menegur penumpang lain.

2. Ikut membatasi jumlah penumpang

Saat moda transportasi dirasa terlalu penuh, sampaikan kepada petugas untuk membantu mengurai atau mengatur penempatan penumpang lebih ideal.

3. Disiplin membersihkan tangan

Disarankan segera menggunakan hand sanitizer setelah tangan menyentuh secara otomatis pegangan pintu, hand strap, hingga kursi.

4. Menghindari berbicara

Penumpang cenderung menurunkan masker ketika berbicara, sehingga meningkatkan risiko terpapar udara bebas.

5. Menghindari penggunaan handphone

Memegang handphone setelah menyentuh permukaan benda di MRT memberikan risiko perpindahan kuman, bakteri ataupun virus.


Credit: Source link

Related Articles