Peluncuran Eduka Quiz Oleh Eduka System Demi Mengajar Siswa Belajar di Rumah

Peluncuran Eduka Quiz Oleh Eduka System Demi Mengajar Siswa Belajar di Rumah

Sejak Indonesia menghadapi masa pandemi, para peserta didik diharuskan belajar dari rumah. Eduka System meluncurkan sebuah platform baru bernama Eduka Quiz untuk mendukung proses pembelajaran siswa. Dengan Eduka Quiz, siswa yang mungkin kesulitan mendapatkan latihan soal dari guru, bisa belajar mandiri. Selain itu, Eduka Quiz juga dapat dimanfaatkan sebagai platform ujian online untuk sekolah maupun institusi lainnya. Ujian pun jadi bisa terasa menyenangkan dengan soal dan model pengerjaan yang variatif.

Peluncuran Eduka Quiz Oleh Eduka System

Peluncuran Eduka Quiz - Andalannews

Harus belajar dari rumah tapi takut tidak optimal? Eduka System telah menyiapkan sarana baru untuk mendukung Anda belajar di rumah. Baru-baru ini, Eduka System merilis platform untuk latihan soal online yang diberi nama Eduka Quiz. Eduka Quiz dibuat untuk siswa SMA kelas 10, 11 dan 12. Di platform ini, para siswa dapat berlatih mengerjakan banyak soal.

Peluncuran ini menjadi sebuah solusi di masa pandemi. Saat ini peserta didik memang sulit bertatap muka langsung dengan guru. Jika biasanya guru bebas memberikan latihan soal, sekarang jadi ada keterbatasan. Harapannya keberadaan Eduka Quiz ini bisa menjadi solusi. Guru bisa memberikan soal kepada siswanya melalui platform ini. Siswa juga bisa belajar secara mandiri. Ada 3 paket utama yang dirilis pada masa pandemi ini, yaitu:

1. Paket Pemanasan

Dalam paket ini, ada 8 mata pelajaran yang ada dalam 1 semester. Paket ini sesuai untuk mendampingi siswa belajar menjelang ujian akhir semester (UAS). Harga per pelajaran pada paket ini adalah Rp10.000,00.

2. Paket Serius

Ada 16 mata pelajaran pada paket ini, untuk materi selama 2 semester (1 tahun). Harga per pelajaran adalah Rp8.750,00.

3. Paket Ambisi

Kalau Anda ingin berlangganan selama 3 tahun, Paket Ambisi bisa jadi pilihan. Harga per pelajaran adalah Rp6.250,00.

Mengenal Lebih Jauh – Apa Itu Eduka Quiz?

Mengenal Lebih Jauh - Andalannews

Eduka Quiz adalah sebuah media pembelajaran yang difokuskan untuk latihan soal. Sistem menjawab soal ini mirip seperti quiz biasa. Perbedaannya adalah, Eduka Quiz menggunakan cara menjawab dan mengoreksi berbasis teknologi. Tidak hanya untuk murid, Eduka Quiz juga bisa digunakan oleh guru. Guru bisa memberikan quiz dari beragam pelajaran untuk muridnya. Selain untuk quiz biasa, Guru bisa melatih siswa melalui ujian online di Eduka.

Kuis yang ada di Eduka Quiz diatur dengan setting yang menantang dan menyenangkan bagi siswa. Ada batas waktu, dengan poin-poin yang disediakan sebagai reward. Semua siswa yang sudah membeli paket, bisa mengerjakan soal-soal dan belajar materi yang ada dalam paket tersebut. Kalau saat ini Anda sedang menyiapkan diri untuk menghadapi berbagai ujian sekolah, maka Eduka Quiz adalah tempat belajar yang pas.

Kenapa Perlu Menggunakan Eduka Quiz?

Kenapa Perlu Menggunakan Eduka Quiz - Andalannews

Eduka Quiz adalah sistem yang unik. Ia memiliki banyak kelebihan dibandingkan situs belajar online lainnya. Simak kelebihan Eduka Quiz berikut ini:

1. Efektif

Eduka Quiz sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin belajar efektif. Waktu yang dibutuhkan untuk belajar hanya 5 menit saja. Selain efektif, eduka quiz juga memberikan penguasaan materi yang efisien. Dengan belajar bersama Eduka, Anda bisa berlatih banyak jenis soal. Hal ini membuat Anda bisa lebih cepat familiar dengan bentuk soal dalam ujian. Berinvestasilah sedikit waktu untuk tabungan materi saat ujian.

2. Lengkap

Tidak hanya Quiz, Eduka juga menyediakan banyak hal lainnya. Mulai dari Topik belajar, quiz, mini quiz, turnamen, koin dan trofi, rangkuman serta statistik personal. Cukup sulit menemukan situs belajar yang bisa menyediakan konten sebanyak ini.

3. Pembahasan Tidak Bercabang

Materi yang disediakan oleh Eduka dikelompokkan per bab dan per subbab. Hal ini membuat Anda tidak akan merasa bingung mencari materi untuk dipelajari.

4. Sesuai Kurikulum

Berbeda dengan soal dan pembahasan yang disebarkan secara bebas, konten di Eduka sudah disesuaikan dengan kurikulum. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menemukan kesamaan materi antara di Eduka dan buku sekolah.

5. Menyediakan Bank Soal

Apakah Anda adalah orang yang mudah mengerti dengan bermacam jenis soal? Bila ya, maka Eduka sangat cocok untuk Anda. Ada lebih dari 12.000 soal yang bisa Anda pelajari. Tentunya, soal ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Anda bisa memilih dan menyesuaikan soal dengan kemampuan Anda. Bank soal ini juga akan berguna untuk guru. Guru bisa memberikan beragam latihan soal pada murid sesuai kurikulum dan kemampuannya. Tidak hanya soal, tersedia juga pembahasan untuk masing-masing pertanyaannya.

6. Dimanfaatkan Oleh Banyak Pengguna

Ada total 640 ribu lebih pengguna Eduka. Angka ini tentunya sudah bisa dikatakan sebagai bukti nyata mengapa penting untuk memilih eduka.

Terpercaya, Eduka System Sudah Raih Banyak Penghargaan

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah Eduka System Id yang merilis Eduka Quiz ini terpercaya? Tak perlu khawatir, karena Edukasystem sangat terpercaya dan berpengalaman. Buktinya, platform belajar online ini sudah sukses meraih beberapa penghargaan. Sejak berdiri sampai saat ini, sudah ada setidaknya 5 penghargaan yang diterima Eduka System. Penghargaan tersebut adalah :

  1. Grants Funded by PMW ITB Tahun 2018
  2. Grants Funded by LpiK ITB
  3. Grants Funded by Bekraf atau Bantuan Insentif Pemerintah Tahun 2019
  4. Telkomsel Next Dev Tahun 2019
  5. Top 20 Most Fundable Startups for 2019 dalam ajang Indonesia’s Fund Fest 2019

Kantor Eduka System berlokasi di Jl Lembah Cisitu No 5, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat, 40135. Saat ini, Eduka sudah terdaftar sebagai PT Eduka Teknologi Indonesia. Selain Eduka Quiz yang fokusnya adalah untuk pembelajaran reguler, Eduka System juga menyediakan fasilitas lain. Ada Eduka System UTBK dan PTN Eduka System Id yang siap membantu siswa SMA mempersiapkan diri ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Berbagai Fitur Menarik Dalam Eduka Quiz

Ada setidaknya 6 fitur dalam Eduka Quiz. Masing-masing fitur bisa digunakan untuk optimasi pembelajaran. Keenam fitur tersebut adalah sebagai berikut:

1. Topik Belajar

Fitur pertama adalah Topik Belajar. Bila sebelumnya murid harus membaca buku berhalaman-halaman untuk memahami materi, Eduka meringkas semuanya. Materi dalam satu semester sudah tersedia secara lengkap. Tidak berbasa-basi, semua materi satu semester diringkas dalam satu halaman saja. Anda bisa belajar terlebih dahulu sebelum belajar mengerjakan soal-soal.

2. Rangkuman

Konten kedua adalah rangkuman. Untuk Anda yang tidak punya banyak waktu untuk belajar tambahan, Anda bisa membaca rangkuman. Setiap materi memiliki rangkumannya sendiri, sehingga belajar menjadi efektif dan efisien.

3. Turnamen

Ingin mencoba mengukur kemampuan? Gunakan fitur Turnamen. Anda bisa mencoba melatih kemampuan dengan soal-soal tengah dan akhir semester. Di akhir pengerjaan, Anda bisa melihat hasil ujian Anda.

4. Mini Quiz dan Quiz

Belajar dengan metode yang bervariasi akan membuat Anda tidak mudah bosan. Gunakan fitur Mini Quiz dan Quiz untuk mencari variasi soal baru. Dengan sering berlatih, Anda tidak akan kaget bila ada ujian dadakan. Eduka memberlakukan sistem reward untuk Anda yang semangat belajar. Semakin sering Anda belajar, maka semakin banyak hadiah yang didapatkan. Hadiah ini bisa Anda cek dalam fitur Koin dan Trofi.

5. Statistik Personal

Terakhir, Eduka juga memberikan fitur Statistik Personal. Bagian ini membuat Anda bisa melihat seberapa besar perkembangan belajar dari awal hingga saat ini. Melihat grafik yang naik, pasti Anda akan berusaha untuk mempertahankannya.

Cara Mudah Menggunakan Eduka Quiz

Anda sudah yakin ingin menggunakan Eduka Quiz, tapi masih bingung bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Lakukan Pendaftaran

Klik bagian sign up di pojok kanan atas website Eduka. Isikan alamat email, nomor handphone, username sesuai keinginan, password dan konfirmasi password. Setelah mengisinya dengan lengkap, klik daftar.

2. Manfaatkan Dashboard Pribadi

Jika sudah melakukan pendaftaran, maka Anda akan langsung masuk ke bagian dashboard pribadi. Anda akan melihat cara untuk mengajak teman, total trofi dalam turnamen, jumlah koin, topik belajar terakhir dan pencarian topik belajar. Masing-masing bagian sangat jelas panduannya, sehingga pemula juga bisa langsung belajar. Jika Anda membuka pilihan topik belajar, di bagian kiri Anda akan melihat pilihan kelas yang tersedia. Ada 3 pilihan yakni kelas 10, 11 dan 12.

Tidak hanya memilih kelas, Anda juga bisa memilih penjurusan dan semester yang diinginkan. Dalam setiap materi pembelajaran, Anda harus menyelesaikan quiz bab 1 terlebih dahulu sebelum pergi ke bab selanjutnya. Di bagian kiri, Anda akan melihat berapa banyak quiz yang sudah Anda kerjakan. Jika ingin beralih ke mode turnamen, Anda juga bisa langsung klik “Ke Turnamen”

3. Statistik

Di bagian ini, ada tiga konten yang tersedia. Konten pertama adalah Grafik Kemampuanku. Grafik ini akan menunjukkan tentang hasil quiz yang pernah Anda ikuti. Semakin banyak quiznya, maka akan semakin lengkap grafik tersebut. Konten kedua adalah rankingku. Berbeda dengan grafik yang menunjukkan hasil quiz, Rankingku menunjukkan berapa banyak Turnamen yang sudah diikuti. Peringkat Anda dalam Turnamen akan tercatat disini. Terakhir, ada Trophy-ku. Bila berhasil melakukan turnamen dan mendapatkan peringkat, maka Anda akan mendapatkan trofi. Total trofi yang berhasil didapatkan akan ditampilkan di bagian ini.

4. Riwayat Transaksi

Hanya ada satu konten disini yakni riwayat transaksi. Bagian ini akan merangkum apa saja transaksi atau pembelian yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Bila Anda ingin bertransaksi, maka Anda bisa menuju ke bagian topik belajar atau pembelian.

5. Ubah Profil

Pada tampilan depan setelah sign in, Anda bisa mengubah profil. Lengkapi biodata seperti nama depan, nama belakang, tanggal lahir, asal sekolah dan tahun kelulusan. Kalau mau, ubah password dan username di bagian ini.

6. Berbagi Kode Referral

Anda bisa berbagi kode referral akun Eduka kepada teman. Kode referral ini bisa digunakan hanya satu kali saat akan membayar produk pertama di Eduka Quiz. Baik pemberi maupun pengguna kode bisa mendapatkan keuntungan berupa koin dan diskon sebesar 10%. Dalam website Eduka, sudah tertera jelas tentang syarat dan ketentuan “Ajak Teman, Dapat Koin” ini. Disana juga terdapat panduan tentang cara penggunaan kode referral dan koinnya. Eduka Quiz adalah solusi seru untuk belajar secara online pada masa pandemi. Anda bisa tetap menjaga kesehatan dengan tetap di rumah, sambil terus meningkatkan kemampuan. Sudah siap mencoba Eduka Quiz?

Baca Juga : Anak Muda Jangan Gegabah Liburan Akhir Tahun, Ingat Protokol 3M

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h2″ question-0=”Sebutkan 3 paket utama yang dirilis pada masa pandemi ini” answer-0=”1. Paket Pemanasan 2. Paket Serius 3. Paket Ambisi ” image-0=”” headline-1=”h2″ question-1=”Apa Itu Eduka Quiz” answer-1=”Eduka Quiz adalah sebuah media pembelajaran yang difokuskan untuk latihan soal. Sistem menjawab soal ini mirip seperti quiz biasa. Perbedaannya adalah, Eduka Quiz menggunakan cara menjawab dan mengoreksi berbasis teknologi” image-1=”” headline-2=”h2″ question-2=”Kenapa Perlu Menggunakan Eduka Quiz” answer-2=”1. Efektif 2. Lengkap 3. Pembahasan Tidak Bercabang 4. Sesuai Kurikulum 5. Menyediakan Bank Soal 6. Dimanfaatkan Oleh Banyak Pengguna ” image-2=”” count=”3″ html=”true” css_class=””]

Related Articles