Ajakan Benci Produk Asing Tuai Kontroversi, Jokowi: Gitu Saja Ramai

Ajakan Benci Produk Asing Tuai Kontroversi, Jokowi: Gitu Saja Ramai

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan pernyataan kontroversial saat mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk membenci produk asing. Jokowi pun mengaku bingung omongannya ramai diperbincangkan.

Menurut Jokowi, semua pihak punya hak membenci produk asing demi lebih bisa mencintai produk sendiri.

“Boleh saja kita ngomong tidak suka pada produk asing. Masa kita nggak boleh? Gitu saja ramai. Boleh kan kita enggak suka dengan produk asing?” ujar Jokowi dalam Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) 2021 di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/3).

Jokowi menambahkan, agar produk dalam negeri bisa bersaing dengan produk luar, ada hal-hal yang harus dilakukan. “Harus memperbaiki kualitasnya, memperbaiki packaging-nya, memperbaiki desainnya agar bisa mengikuti tren,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk menggaungkan ajakan untuk cinta produk dalam negeri. Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengajak untuk membenci produk luar negeri.

“Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri. Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri,” katanya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono


Credit: Source link

Related Articles