Reksadana Pendapatan Tetap Solusi Bagi Investor dengan Dana Terbatas

Reksadana Pendapatan Tetap Solusi Bagi Investor dengan Dana Terbatas

JawaPos.com – Dunia masih diselimuti oleh pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Bahkan varian jenis Covid-19 baru ikut membuat keadaan menjadi serta tidak pasti, termasuk perekonomian. Banyak masyarakat yang mencari instrumen investasi untuk aset mereka agar tidak terpengaruh dan tidak tergerus oleh keadaan.

Melonjaknya imbal hasil obligasi pemerintah Amerika Serikat (US Treasury atau UST) yang disebabkan kekhawatiran meningkatnya inflasi dan suku bunga akibat pemulihan ekonomi, membuat imbal hasil obligasi dunia juga meningkat. Tidak terkecuali imbal hasil obligasi Indonesia.

Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Freddy Tedja memberikan pendapat terkait prospek terhadap reksadana pendapatan tetap.

Menurutnya, dengan perbaikan fundamental Indonesia dan potensi ekonomi Indonesia sedang menuju ke dalam tahap jalur pemulihan, kondisi saat ini dapat menjadi momen bagi investor untuk mendiversifikasikan dana ke reksadana pendapatan tetap.

Ia menyebut, reksadana pendapatan tetap merupakan instrumen investasi yang diterbitkan oleh perusahaan manajer investasi, yang di dalamnya terdiri dari efek-efek obligasi. Sebuah produk reksa dana pendapatan tetap berisi banyak obligasi sekaligus, dengan berbagai jenis, baik yang diterbitkan oleh pemerintah maupun swasta.

Manajer investasi sendiri memiliki sejumlah variasi produk reksa dana pendapatan tetap. Ada produk yang mengkhususkan sebagian besar portofolionya ke obligasi korporasi, ada juga yang fokus pada obligasi pemerintah.

Editor : Kuswandi

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles