Buwas Tegaskan Indonesia Tak Perlu Buru-buru Impor Beras

Buwas Tegaskan Indonesia Tak Perlu Buru-buru Impor Beras

JawaPos.com – Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) mengungkapkan, berdasarkan data Kementerian Pertanian (Kementan) dan Badan Pusat Statistik (BPS) stok beras masih aman dari bulan Maret, April sampai Mei 2020 yang merupakan juga masa panen raya. Menurutnya, baik data dari Kementan stok BPS, stok beras terhitung surplus. Sebagai bukti stok Bulog terus naik.

“Hari ini, per hari beras CBP (Cadangan Beras Pemerintah) kita itu ada 902 ribu ton, kurang lebih. Dengan tambahan serapan kemarin, dari 800 ribu sekarang sudah nambah. Kalau secara keseluruhannya yang dikuasai Bulog itu mencapai 923 ribu ton beras per hari ini,” ujarnya dalam acara webinar, Kamis (25/3).

Buwas menegaskan, sampai hari ini pihaknya terus menyerap beras. Bahkan dirinya akan turun langsung ke lapangan.

“Saya ingin membuktikan sendiri bahwa produksi dalam negeri itu memang cukup. Saya memegang apa yang disampaikan oleh pihak Kementerian Pertanian dengan BPS. Terus kalau saya tidak percaya, saya percaya dengan siapa?” ungkapnya.

Dirinya percaya apa yang dilakukan Presiden Jokowi menggalakan pangan dan mencintai produk dalam negeri. Hal inilah yang dipegang oleh Buwas.

“Belum apa-apa kita sudah menyatakan impor, apalagi yang mendasar yaitu beras. Apalagi ini masa panen. Yang ngomong soal impor kan bukan saya karena saya bukan pengambil kebijakan, bukan pengambil keputusan,” tuturnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles