Peneliti Buktikan Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Bakar Lemak

Peneliti Buktikan Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga Bisa Bakar Lemak

JawaPos.com – Minum kopi tak hanya sedap dilakukan di pagi hari. Ternyata bisa juga dilakukan sebelum olahraga. Sebab minum kopi sebelum olahraga ternyata bisa memaksimalkan jumlah lemak yang dibakar saat olahraga.

Maka pikirkanlah minum kopi setengah jam sebelum mulai olahraga. Sebab sebuah studi baru menunjukkan bahwa minum kopi dapat membuat perbedaan yang signifikan pada pembakaran lemak.

Para peneliti menemukan, biasanya sekitar 6 mg/kg dapat meningkatkan laju pembakaran lemak selama latihan aerobik. Ini berdasarkan hasil yang dikumpulkan dari 15 relawan pria.

Baca Juga: Pakar Ungkap Manfaat Minum Kopi Untuk Liver dan Gula Darah

Dilansir dari Science Alert, Minggu (28/3), dosis kopi terbukti meningkatkan laju oksidasi lemak maksimal (MFO, ukuran seberapa efisien tubuh membakar lemak) rata-rata 10,7 persen di pagi hari dan 29 persen di sore hari. Penelitian tersebut telah dipublikasikan di Journal of International Society of Sports Nutrition.

“Rekomendasi untuk berolahraga dengan perut kosong di pagi hari untuk meningkatkan oksidasi lemak adalah hal yang biasa,” kata ahli fisiologi Francisco José Amaro-Gahete dari Universitas Granada di Spanyol.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles