Aksi Heroik Cosmas Hadang Pelaku Bom Selamatkan Ratusan Jemaat

Aksi Heroik Cosmas Hadang Pelaku Bom Selamatkan Ratusan Jemaat

JawaPos.com – Selalu ada pahlawan dalam setiap peristiwa kemanusiaan. Cosmas, Balelembang menjadi salah satu korban aksi bom bunuh diri tidak pernah dibayangkannya. Dengan nyali luar biasa dia menghalau dan menggagalkan aksi terkutuk tersebut.

Cosmas Balalembang, pekerja harian lepas yang kesehariannya bekerja sebagai juru parkir (jukir) di Gereja Katedral, Jalan Kajaolalido Makassar, Sulawesi Selatan itulah yang layak disebut pahlawan dalam peristiwa bom bunuh diri di gejera tersebut yang terjadi pada Minggu (28/3).

Atas aksi heroiknya menghalau pelaku bom bunuh diri untuk masuk ke area Gereja, Cosmas telah menyelamatkan ratusan anggota jemaat yang masih berada di dalam gedung dan sejumlah jemaah lainnya di sekitar luar Gereja.

Alhasil, tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, kecuali hanya menewaskan pelaku bom bunuh diri yang disebut pihak kepolisian pasangan suami istri. Akibat peristiwa ini 19 orang mengalami luka-luka, namun berangsur telah kembali pulih.

Sesuai dengan tugasnya yang mengatur akses keluar masuk kendaraan di Gereja Katedral, secara spontan melarang kendaraan roda dua yang ditumpangi pelaku untuk masuk ke Gereja, alasannya simpel, yakni ibadah telah selesai dan sejumlah anggota jemaat hendak keluar gereja.

“Waktu itu beberapa umat mau keluar, pagar mulai terbuka. Ada yang keluar dan ada yang masuk, jadi saya tahan, tiba-tiba meledak, langsung saya bilang ‘Tuhan tolong saya’,” ungkap Cosmas saat mengurai kejadian nahas tersebut kepada sejumlah pejabat nasional hingga daerah yang datang menjenguknya di RS Bhayangkara Makassar, Senin (19/3).

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Antara


Credit: Source link

Related Articles