Menteri KKP Sebut Probolinggo Cocok Jadi Sentra Ekonomi Perikanan

Menteri KKP Sebut Probolinggo Cocok Jadi Sentra Ekonomi Perikanan

JawaPos.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mendukung pengembangan industri perikanan di Probolinggo supaya semakin maju. Dia berharap ke depannya daerah ini dapat menjadi contoh sentra ekonomi perikanan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Menteri Trenggono saat meninjau langsung Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan di Kota Probolinggo, Minggu (2/5/2021).

“Saya ingin industri perikanan Probolinggo maju, nantinya menjadi model ke depan, menjadi satu sentra ekonomi perikanan,” ujar Menteri Trenggono.

Untuk mempercepat pengembangan, Menteri Trenggono mengatakan bahwa kerja sama antara pemerintah pusat pemerintah daerah perlu diperkuat. Dengan koordinasi yang baik, Probolinggo dapat menjadi sentra ekonomi perikanan di Jawa Timur.

“Silakan berkoordinasi dengan semua eselon I ini, agar nantinya Probolinggo bisa jadi sentra perikanan,” imbuh Menteri Trenggono.

PPP Mayangan merupakan pelabuhan dengan lahan terluas dan terbesar di Jawa Timur. Setiap harinya, pelabuhan ini menjadi tempat pendaratan ikan 809 armada kapal nelayan yang didominasi oleh kapal dibawah 30GT. Pada tahun 2020, produksi ikan di pelabuhan ini mencapai 12.365 ton, diantaranya ikan remang, gulama, manyung, dan kakap merah. Produk perikanan tangkap berasal dari Laut Arafura.


Credit: Source link

Related Articles