Ekosistem Bumi Terganggu Akibat Aktivitas Industri, Utamanya Limbah B3

Ekosistem Bumi Terganggu Akibat Aktivitas Industri, Utamanya Limbah B3

JawaPos.com – PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) menyampaikan, kerusakan bumi semakin memprihatinkan. Ekosistem bumi pun mulai terganggu, salah satunya dengan aktivitas industri.

Aktivitas industri yang mengganggu ekosistem adalah limbah yang dihasilkan. Bukan hanya berbahaya bagi manusia, tapi juga bagi hewan dan tumbuhan, termasuk ekosistem alam yang menunjang kehidupan mereka apabila tidak dikelola dan diolah dengan benar.

Lantas, dibuang kemana limbah-limbah ini agar tak merusak alam? Mungkinkah dimusnahkan? Atau bisakah kita olah hingga aman bagi lingkungan?

Untuk itu, Manager Humas PPLI Arum Pusposari menyampaikan, untuk mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan limbah industri yang dikenal dengan sebutan B3 (bahan beracun dan berbahaya), pihaknya pun menggandeng insan pers dalam Lomba Karya Jurnalistik Lingkungan PPLI 2021. Harapannya dengan ini, masyarakat dapat lebih memahami pengelolaan limbah B3.

Adapun, pelaksanaan lomba dimulai dari 1 Mei sampai 1 Juni 2021. “Publik dan dunia usaha butuh diedukasi tentang bahayanya limbah B3 dan wajib tahu bagaimana memperlakukan limbah tersebut, agar aman bagi lingkungan,” jelas Arum dalam siaran tertulisnya, Senin (3/5).

Melalui momentum ini, masyarakat akan mendapatkan banyak informasi yang benar dan baik soal limbah B3 serta bagaimana proses penanganannya sesuai aturan. Tema yang diusung adalah “Menjaga Nusantara Melalui Penanganan Limbah Industri Bahan Beracun dan Berbahaya Secara Terintegrasi”.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking


Credit: Source link

Related Articles