Kemenkop UKM Telah Salurkan BPUM ke 8,6 Juta UMKM

Kemenkop UKM Telah Salurkan BPUM ke 8,6 Juta UMKM

JawaPos.com – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya telah menyalurkan program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau BPUM yang ditujukan kepada sebanyak 8,6 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satriya mengatakan, total anggaran yang ada untuk saat ini akan menyentuh angka 9,8 juta penerima manfaat. Sehingga keseluruhan total dana anggaran sebanyak Rp 11,76 triliun.

“Sudah disalurkan kepada 8,6 juta penerima lama dan baru,” ujarnya kepada JawaPos.com saat dihubungi Jumat (7/5).

Eddy menuturkan, penyaluran kepada 8,6 juta penerima tersebut setara dengan Rp 10,4 triliun. Capaian tersebut sudah terserap 88 persen dari yang ditargetkan.

Selain itu, penyaluran BPUM tersebut dikatakan Eddy rencananya akan diberikan ke sebanyak 12,8 juta penerima UMKM yang merupakan kombinasi dari penerima manfaat lama dan baru.

“Ini sudah diputuskan pada rapat 1 Maret lalu. Direncanakan akan 12,8 juta penerima yang merupakan kombinasi dari penerima manfaat lama dan baru,” ungkap Eddy.

Nantinya, Eddy menambahkan, setelah menyentuh angka 9 juta, rencananya Kemenkop UKM akan menambah lagi 3 juta penerima manfaat BPUM.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles