Pendapatan Desa Pujon Kidul Naik 100 Kali Lipat, ini Harapan Sandiaga

Pendapatan Desa Pujon Kidul Naik 100 Kali Lipat, ini Harapan Sandiaga

JawaPos.com – Kementerian Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif (Kemenparekraf) menjanjikan bakal mendukung penuh pengembangan desa wisata sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi kreatif saat ini. Menteri Parekraf Sandiaga Uno mengatakan, pelaku usaha wisata dapat mencontoh Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur yang berhasil meningkatkan penghasilan tahunan desa hingga 100 kali lipat.

“Sesuai dengan semangat kita untuk membangkitkan desa-desa ini pertama agar ekonomi kita pulih,” kata Sandi dalam keterangannya, Sabtu (22/5).

Sandi mengungkapkan, di daerah tersebut wilayah persawahan seluas 1 hektare (ha) ditelah disulap dan bisa menghasilkan keuntungan pertahun hingga Rp 1,2 miliar. Padahal, sebelumnya sawah di sana cuma menguntungkan warga sebesar Rp 10 juta pertahun.

Capaian tersebut diperoleh karena banyak kegiatan di desa tersebut yang dapat dikembangkan dan memberi keuntungan bagi warga. “Jadi, ada beberapa jenis tanaman yang bisa menembus pasar ekspor sampai ke Jepang. Nilai tambahnya juga peningkatannya luar biasa,” ungkapnya.

Sandi berharap berbagai inovasi dan kreativitas dapat membangkitkan industri pariwisata dan mengerjakan perekonomian nasional. Bahkan, berbagai kegiatan ekonomi kreatif tersebut dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas bagi masyarakat di tengah pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

“Ini yang saya ingin berikan pendekatan ekonomi berkeadilan yang berpihak kepada masyarakat perdesaan,” ucapnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles