Menparekraf Tantang Pelaku Usaha Wisata Tawarkan Pariwisata Era Baru

Menparekraf Tantang Pelaku Usaha Wisata Tawarkan Pariwisata Era Baru

JawaPos.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menantang para pelaku usaha sektor wisata untuk berfikir kreatif dalam bertahan di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini. Menparekraf Sandiaga Uno memandang pelaku usaha sektor wisata harus segera menyesuaikan pariwisata era baru untuk menumbuhkan minat masyarakat berkunjung dan kembali menggairahkan industri pariwisata yang masih tertekan hingga saat ini.

“Justru tantangannya bahwa covid-19 ini memaksa kita menyesuaikan pariwisata era baru,” Kata Sandiaga dalam keterangannya, Sabtu (22/5).

Sandiaga meminta sektor pariwisata dapat lebih banyak meningkatkan kualitas dibandingkan kuantitas. Dia mencontohkan, seperti yang dilakukan oleh museum Panji Malang dan sentra kreatif di sekitarnya untuk terus meningkatkan pelatihan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan.

“Jadi intinya kuantitas sedikit tapi kualitas meniankat,” jelasnya.

Selanjutnya, para pengusaha khususnya pelaku usaha harus mulai merambah ke bidang teknologi digital untuk mengambil peluang baik dari segi penjualan atau pemasaran. Sebab, digitalisasi sebenarnya menguntungkan kedua pihak yang sangat membantu pengusaha menjajakan produknya dan membantu konsumen untuk mendapatkan kebutuhannya.

“Kita ingin mereka mampu mengambil peluang agar mereka menjadi pengusaha yang naik kelas di masa depan,” imbuhnya.

Sandiaga mengaku pandemi mengajarkan pemerintah untuk melangkah maju lebih cepat serta memaksa untuk membuat kebijakan yang berkeadilan langsung menyentuh apa yang para pelaku usaha perlukan. “Jadi, program ini kita minta dikawal, kita akan pastikan programnya tepat sasaran kepada mereka yang betul-betul membutuhkan,” tambahnya.

Adapun program yang dicanangkan Kemenparekraf di antaranya dana hibah pariwisata. Program bantuan ini merupakan dana hibah dari pemerintah yang akan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM.

“Kami akan meminta masyarakat dan saya akan memastikan bahwa itu akan tepat sasaran berkeadilan untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan sehingga mereka bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles