Ilustrasi tenaga pendamping BRI membantu UMKM dalam menjalankan usahan

Ilustrasi tenaga pendamping BRI membantu UMKM dalam menjalankan usahan

JawaPos.com – BRI bersama dengan Wingsfood dan Jayaboard menggelar pameran virtual industri kreatif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BRILIANPRENEUR 2021 yang mengambil tema “Lokal Keren Jatim” guna mendorong pengembangan UMKM di Provinsi Jawa Timur.

Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 akan berlangsung sebulan penuh sejak tanggal 1-31 Agustus 2021 sebagai bagian dari upaya BRI mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia seiring dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian BUMN RI menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Acara pembukaan Bangga Buatan Indonesia (BBI) Jatim ini akan digelar Sabtu (7/8) mulai pukul 14.00 diawali dengan Laporan Kegiatan Gernas BBI Lokal Keren Jatim oleh Dirut BRI yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, testimoni video kegiatan sebelumnya, virtual fashion show, tari tradisional Remo, serta penampilan special dari Padi Reborn.

Opening Ceremony sendiri bisa disaksikan pada Sabtu, 7 Agustus 2021 pukul 14.00 melalui Vidio.com, ataupun channel Youtube Kementerian BUMN dan BANK BRI.

Jawa Timur dipilih dan mendapat giliran untuk menjadi ‘tuan rumah’ kegiatan Gernas BBI mengingat jumlah UMKM di provinsi ini yang begitu besar. Hal itu berbanding lurus dengan jumlah populasi penduduk yang bisa menjadi pangsa pasar bagi produk UMKM. Pengunjung bisa berburu berbagai kebutuhan dari produk-produk yang dikembangkan UMKM peserta pameran.

Dalam pameran kali ini, sebanyak 251 UMKM terpilih mewakili Jawa Timur dan terdiri dari beberapa bidang industri seperti fesyen, makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, hingga aksesoris dan kecantikan. UMKM yang terlibat merupakan binaan BRI, Bank Indonesia, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jawa Timur, One Pesantren One Product (OPOP) Provinsi Jawa Timur, Rumah BUMN, Wingsfood, dan Jayaboard.

Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, mengatakan bahwa acara yang dihelat ini juga menjadi stimulus bagi UMKM untuk mengoptimalkan pemanfaatan platform digital seperti PaDi UMKM, Shopee, Tokopedia dan BliBli. Pameran virtual ini juga bertujuan untuk membuka peluang baru bagi produk UMKM Jawa Timur di pasar nasional dan ekspor.

“Harapannya melalui kegiatan ini pelaku UMKM kini mampu menjadikan bisnis mereka lebih modern (Go Modern), menerapkan digitalisasi (Go Digital), serta memperluas jejaring pasar daring (Go Online) yang pada ujungnya tidak hanya mampu bersaing di pasar lokal, UMKM binaan juga berhasil menembus pasar dunia sebagai UMKM Ekspor (Go Global),” ujar Catur dalam keterangannya, Kamis (5/8).

Dalam perhelatan ini, sektor UMKM dibukakan pintu pasar potensial secara virtual dari beberapa negara seperti Malaysia, Australia, Hongkong, China, Kanada, Amerika Serikat dan negara potensial lain. Event ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara virtual lainnya seperti Podcast, Fashion Show, Virtual Expo, Lelang Designer x UMKM, Music Performance, Jatim Food Review, dan donasi.

Kegiatan ini dapat diikuti melalui website lokalkerenjatim.id. Dalam acara ini, BRI pun mempermudah akses transaksi di e-commerce menggunakan pembayaran daring seperti ePay BRI, Direct Debit BRI, Kartu Debit BRI dan Kartu Kredit BRI.

Nasabah akan mendapatkan diskon dan cashback untuk setiap transaksi yang menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit, e-Pay dan Direct Debit BRI. Selama rangkaian acara tersedia pula berbagai promo menarik jika melakukan pembelian produk UMKM via e-commerce yang telah bekerjasama.

Promo dibagi menjadi program pre-event, program reguler day, program peak day, dan program post-event. Adapun seluruh rangkaian program dan informasi LOKAL KEREN JATIM, Road to BRILianpreneur 2021 dapat diakses melalui website resmi lokalkerenjatim.id

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Saifan Zaking, ARM


Credit: Source link

Related Articles