BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Dua Dasarian ke Depan

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Hujan Lebat Dua Dasarian ke Depan

JawaPos.com–Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan potensi curah hujan tinggi hingga cuaca ekstrem pada dua dasarian ke depan.

”Di selatan Indonesia waspada kekeringan, di barat dan utara Indonesia justru waspada curah hujan tinggi bahkan berpotensi cuaca ekstrem,” ujar Pelaksana tugas Deputi Klimatologi BMKG Urip Haryoko seperti dilansir dari Antara di Jakarta.

Urip mengatakan, berdasar pantauan BMKG hingga akhir Agustus, hasil monitoring perkembangan musim kemarau pada 2021 menunjukkan, 85 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim kemarau. Namun demikian masih ada atau beberapa wilayah justru sudah mengalami musim hujan.

”Yakni meliputi sebagian Sumatra bagian tengah, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, Pulau Seram, Papua Barat bagian timur, dan Papua bagian utara,” ujar Urip.

Berdasar prakiraan peluang curah hujan dasarian (10 harian), terdapat indikasi potensi curah hujan tinggi hingga 2 (dua) dasarian ke depan dengan status waspada, siaga, hingga awas.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara


Credit: Source link

Related Articles