Ini Harapan Sri Mulyani Buat Mahasiswa Magang di Kemenkeu

Ini Harapan Sri Mulyani Buat Mahasiswa Magang di Kemenkeu

JawaPos.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi untuk menjadi tempat magang bagi para mahasiswa. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, hal itu dapat menjadi solusi bagi para generasi muda.

Sri Mulyani mengatakan, para peserta magang di kantornya dapat mengetahui bagaimana seluk beluk dan berbagai hal mengenai pengelolaan keuangan negara. “Bagi saya ini adalah solusi supaya generasi-generasi muda, terutama yang sekarang sedang belajar di dalam kampus atau perguruan tinggi memahami mengenai sebuah pemahaman dasar mengenai mengurus negara dari sisi keuangan,” ujarnya dalam Edukasi Kementerian Keuangan untuk Membangun Generasi Unggul, Jumat (3/9).

Menurutnya, kegiatan magang tersebut akan memberikan banyak sekali interaksi antara kampus dengan instansi pemerintah yang diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi. “Pertama untuk kampus yaitu para rektor dan para dekan terutama para pengajarnya para dosennya. Anda sekarang semua akan dibuka perspektifnya bahwa belajar itu nggak selalu di kampus,” ungkapnya.

Sri Mulyani menjelaskan, dengan terjadinya interaksi saat mahasiswa magang di Kemenkeu akan memperlihatkan realitas perbedaan antara dunia kampus dan dunia kerja. “Mahasiswa akan lihat yang saya pelajari selama ini relevan nggak, kualitasnya cukup bagus nggak, untuk menyiapkan mereka bekerja,” imbuhnya.

Nantinya, para mahasiswa dapat memberikan masukan kepada kampus untuk mengembangkan pendidikan di universitasnya. Diharapkan, mahasiswa magang akan memiliki perspektif baru tentang masa kerja.

Program ini bisa menjadi ajang mahasiswa untuk belajar menjadi manusia dewasa, manusia yang bertanggung jawab, dan ikut dalam proses pengambilan keputusan. “Kalau di Kementerian Keuangan yang Anda pikirkan, Anda lakukan, Anda kerjakan, sikap Anda akan memengaruhi kinerja dan prestasi serta reputasi dari institusi yang memiliki peran publik yang luar biasa penting,” pungkasnya.


Credit: Source link

Related Articles