Sri Mulyani Ungkap Dilema Pembatasan Mobilitas ke Roda Perekonomian RI

Sri Mulyani Ungkap Dilema Pembatasan Mobilitas ke Roda Perekonomian RI

JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dampak pandemi Covid-19 menekan laju roda perekonomian nasional. Hal itu karena pembatasan mobilitas yang dilakukan oleh pemerintah demi menekan penularan Covid-19.

Sri Mulyani menyebut, penurunan mobilitas sangat berdampak pada daya beli masyarakat. Kehadiran virus Covid-19 varian delta menyebabkan pemerintah kembali melakukan pembatasan mobilitas secara ketat. Akibatnya, sejak Juli lalu membuat sektor bisnisterdampak.

“Orang gak lagi pergi belanja dan yang lain-lain maka ritel dan rekreasi merosot lagi minus-nya 13 persen mobilitas minusnya 17 persen dalam 1 bulan di bulan Juli,” ujarnya dalam webinar FEB UNPAD, Jumat (3/9).

Meskipun demikian, Sri Mulyani mengungkapkan, lumpuhnya mobilitas juga dalam rangka untuk melindungi keselamatan masyarakat terhadap ancaman varian delta. Tetapi akses di bidang sosial ekonomi sangat berat dan ini artinya kita harus formulasikan lagi kebijakan.

“Meskipun kita lihat Alhamdulillah, meskipun kita tahu berat namun kita bersama-sama masyarakat, dunia usaha, pemerintah telah menyebabkan sekarang kasusnya menurun lagi,” tuturnya.

Meski terjadi perbaikan kasus, lanjutnya, APBN masih terus diperlukan untuk pemulihan ekonomi negara sejak tahun lalu. APBN masih dalam situasi menyangga pemulihan yang masih dalam tahap sangat awal.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles