PPKM Lanjut, Pemerintah Beri Bantuan Rp 1,2 Juta Ke Pedagang Kecil

PPKM Lanjut, Pemerintah Beri Bantuan Rp 1,2 Juta Ke Pedagang Kecil

JawaPos.com – Pemerintah kembali memperpanjang aturan PPKM berlevel. Meskipun demikian, beberapa wilayah dinyatakan telah turun dari level 4 seiring dengan penurunan kasus Covid-19 dan angka keteterisian pasien di Rumah Sakit (RS).

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, berbarengan dengan kebijakan tersebut pemerintah juga memberikan bantuan bagi pelaku usaha terdampak seperti para pedagang kecil.

Airlangga menjelaskan, selama masa pandemi bantuan tunai terhadap pemilik warung, warung, dan PKL (Pedagang Kaki Lima) tetap berjalan. Bantuan tersebut menyasar 1 juta pelaku usaha dengan pemberian dana sebesar Rp 1,2 juta.

“Sebanyak 1 juta PKL dan pemilik warung yang diberikan dana Rp 1,2 juta melalui TNI/Polri. Ini akan segera dijalankan,” ujarnya dalam konferensi pers perpanjangan PPKM, Senin (6/9).

Airlangga memaparkan, bantuan tersebut bukan untuk mereka yang bukan penerima BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro), dan lokasi usahanya berada di wilayah PPKM level 3 dan 4.

Pemerintah memastikan, program bantuan tersebut dapat segera dijalankan karena regulasinya sudah lengkap. Sementara itu untuk program jaring pengaman sosial realisasi insentif, salah satunya Kartu Prakerja, telah dibagikan selama 2021 ke 4,3 juta peserta.

“Di batch gelombang ke-19 sudah 3,9 juta yang daftar dan penerima 800 ribu,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles