Kasus Covid-19 Turun 10 Minggu Berturut-Turut, Warga Jangan Lengah

Kasus Covid-19 Turun 10 Minggu Berturut-Turut, Warga Jangan Lengah

JawaPos.com – Satgas Covid-19 mencatat kasus Covid-19 menurun selama 10 minggu berturut-turut. Meski begitu, angka ini harus disikapi dengan bijak dan berhati-hati. Sebab ancaman gelombang ketiga masih mengintai.

“Jangan gegabah melakukan kegiatan sosial-ekonomi harus dikedepankan meski berada dalam masa pelonggaran. Hal ini agar Indonesia dapat terhindar dari potensi ancaman lonjakan ketiga,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito secara daring baru-baru ini.

Ia menekankan pentingnya belajar dari pola kenaikan kasus selama pandemi di Indonesia. Terlebih lagi, saat ini kegiatan besar mulai diizinkan sebentar lagi. Lalu libur Natal dan Tahun Baru 2022 akan tiba.

“Berdasarkan pengalaman, kenaikan kasus hampir selalu terjadi pasca kegiatan besar,” kata Prof Wiku.

Jika dilihat dari pola kenaikan kasus, kata dia, kasus mulai turun setelah pembatasan diberlakukan. Baik itu mobilitas maupun kegiatan sosial. Begitu kasus turun dan pembatasan mulai dilonggarkan, kasus akan meningkat perlahan. Hal ini juga menunjukkan upaya menjaga protokol kesehatan 3M belum maksimal dan belum dapat menjadi faktor utama penurunan kasus Covid-19.

Editor : Edy Pramana

Reporter : ARM, Marieska Harya Virdhani


Credit: Source link

Related Articles