Menteri Teten Dukung Minaqu Gandeng Petani Kembangkan Tanaman Hias

Menteri Teten Dukung Minaqu Gandeng Petani Kembangkan Tanaman Hias

JawaPos.com – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberi apresiasi tinggi kepada dunia usaha yang membantu usaha kecil dan koperasi untuk mengembangkan usaha. Salah satunya, diberikan kepada Minaqu Indonesia yang telah menggandeng 1.000 petani di Jawa Barat dan bermitra dengan 4 koperasi.

“Saya sangat mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan Minaqu Indonesia sebagai offtaker produk tanaman hias yang telah menggandeng kurang lebih 1000 petani di Jawa Barat dan telah bermitra dengan 4 koperasi,” kata Teten saat meninjau Green House milik Minaqu Indonesia, di Desa Sukamantri, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/10).

Dalam peninjauan itu, hadir Deputi Bidang Perkoperasian KemenkopUKM Ahmad Zabadi, Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim dan Pemimpin Divisi akredit dan UMKM bank bjb, Denny Mulyadi.

Teten memuji apa yang dilakukan Minaqu yang telah menciptakan sebuah ekosistem terintegrasi dari hulu hingga hilir dalam pengembangan usahanya. “Minaqu tidak hanya bertindak sebagai offtaker dari hasil produksi petani, namun juga memberikan pendampingan mulai dari pembibitan, proses produksi hingga pemasarannya untuk pasar ekspor,” tukas Teten.

Mengingat masih sangat besarnya peluang permintaan tanaman hias dari mitra luar negeri yang telah bekerjasama dengan Minaqu, Teten berharap koperasi-koperasi lainnya yang telah mengkonsolidasikan lahan anggotanya, juga dapat memanfaatkan peluang ini dan menjalin kemitraan.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Minaqu Indonesia Ade Wardhana Adinata, menjelaskan bahwa petani mitra yang sudah eksisting dan menjadi petani mitra utama Minaqu Home Nature adalah Koperasi Pelita Desa (Ciseeng, Bogor), Koperasi Kowinas (Karawang, Subang, Cianjur, Bali, Lombok, Bangka Belitung, Batam, Yogyakarta, dan Solo).

Untuk memenuhi florikultura dengan standarisasi pasar global, Minaqu Home Nature ini didukung ribuan petani mitra florikultura, termasuk 1000 petani mitra yang berada di Jawa Barat (Bogor, Bandung Barat), Sulawesi Utara (Tomohon), Sulawesi Selatan, Sumatera Barat (Solok dan Padang Panjang).

Sejauh ini, Minaqu telah memiliki cabang di beberapa daerah di Indonesia mulai dari Merauke, Makassar, Tomohon, Solok, Padang Panjang, Ungaran, Banyuwangi, Bali, dan masih banyak lagi kota lainnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin


Credit: Source link

Related Articles