Sambut Era Baru, Pemerintah Siapkan Roadmap Transisi Pandemi Covid-19

Sambut Era Baru, Pemerintah Siapkan Roadmap Transisi Pandemi Covid-19

JawaPos.com – Pemerintah mengaku telah menyiapkan Roadmap Transisi Pandemi Covid-19 menuju era baru dimana masyarakat akan hidup berdampingan dengan Covid-19. Hal ini lantaran pandemi Covid-19 diproyeksikan akan menjadi endemi.

“Nantinya kita hidup berdampingan dengan Covid-19 dan semua kegiatan sosial ekonomi akan beraktivitas dengan normal baru. Menjaga protokol kesehatan dan tentunya dua dosis vaksin menjadi salah satu prasyarat berbagai kegiatan,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam sebuah webinar baru-baru ini.

Oleh sebab itu, untuk menuju masa transisi itu, Airlangga mengatakan, pemerintah terus mengejar target vaksinasi 1,5 juta – 2,5 juta vaksin per hari. Sehingga diharapkan lebih dari 50 persen masyarakat telah mendapatkan dosis kedua vaksin dan mencapai kekebalan komunal.

“Level PPKM akan di buka secara bertahap dan berjenjang, dan tentunya screening (aplikasi) Peduli Lindungi menjadi langkah awal menuju era baru pasca pandemi dan melalui teknologi digital,” pungkas Airlangga.

Terkait kasus Covid-19, dia bersyukur karena penanganan Covid-19 yang dilakukan dari hulu ke hilir telah memberikan hasil yang sangat baik. Angka kasus aktif per Juli 2021 yang sebanyak 524 ribu turun menjadi 20 ribuan kasus aktif per pekan lalu, Jumat (15/10).

“Kasus konfirmasi harian tercatat 4,6 kasus per 1 juta penduduk, lebih rendah dari negara lain seperti Singapura, Malaysia dan India. Kinerja penanganan Covid-19 dan vaksinasi kita salah satu yang diakui dunia,” paparnya.


Credit: Source link

Related Articles