Dorong Ekosistem Pasar Digital, Airlangga Apresiasi Program BNI

Dorong Ekosistem Pasar Digital, Airlangga Apresiasi Program BNI

JawaPos.com – Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan perekonomian nasional. Salah satu diantaranya adalah dengan menggerakan kembali aktivitas transaksi penjual dan pembeli di pasar tradisional tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

Salah satu perbankan plat merah, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyulap pasar tradisional menjadi tempat jual beli yang lebih adaptif terhadap Covid 19. Kegiatan bentuk digitalisasi ekosistem pasar ini dimulai perseroan di Wilayah 08 di Pasar Phula Kerti, Sanglah Denpasar, Bali.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi digitalisasi eksosistem pasar Phula Kerti Denpasar. Ia melakukan kunjungan ke pasar phula kerti yang dihuni sekitar 234 pedagang tersebut dalam rangka operasi pasar serta berdialog dengan para pedagang pasar sekaligus penyerahan KUR BNI secara simbolis kepada pedagang binaan BNI.

“Kami apresiasi bentuk kepedulian BNI sebagai salah satu bank BUMN yang membantu pemerintah dalam merealisasikan program digitalisasi ekosistem Pasar untuk kota Denpasar, dengan mendukung berbagai kebutuhan stakeholder dipasar baik dari pembiayaan maupun sarana transaksi digital ” kata Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com, Sabtu (18/12).

Sementara itu, Pemimpin Bank BNI Kantor Wilayah 08 IGN Darma Putra (Gustra) menegaskan, langkah-langkah yang dilakukan perseroan dalam mewujudkan digitalisasi ekosistem Pasar Phula Kerti tersebut adalah dengan mendukung digitalisasi transaksi jual beli di pasar, pembiayaan kepada para pedagang, dan digitalisasi retribusi pasar melalui BNIAgen46

“BNI juga mendukung dengan melengkapi gerbang akses masuk ke pasar dengan wastafel untuk mencuci tangan dan alat pengukur suhu. Di mana pengunjung pasar diharuskan mencuci tangan dan mengukur suhunya sebelum berbelanja di pasar, plus diwajibkan mengenakan masker,” tuturnya.

Dalam hal bertransaksi, Ia menambahkan, BNI melengkapi setiap pedagang dengan Qris stand aklirik untuk menyimpan QR Code Scan. Fasilitas transaksi elektronik ini digunakan demi menekan potensi penyebaran Covid – 19.

“Pengunjung dapat dengan mudah melakukan pembayaran non-tunai dan tanpa kartu menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut,” imbuhnya.

Gustra menambahkan, BNI juga akan melakukan digitalisasi pembayaran parkir dengan EDC dan Qris BNI, dan berharap apa yang dilakukan BNI dapat membantu masyarakat bertransaksi di pasar tradisional.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles