Medan Laga Masih Terjal dan Penuh Badai

Medan Laga Masih Terjal dan Penuh Badai

JawaPos.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut tahun 2022 merupakan perjalanan mengawal pemulihan ekonomi dan menyehatkan APBN yang masih panjang dan berliku.

“Medan laga kita masih terjal, berbatu dan licin penuh badai. Namun kita tetap bersama dan bersatu dalam semangat mengabdi dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” kata Sri Mulyani dalam akun Instagramnya, Sabtu (1/1).

Sri Mulyani bercerita, ketika memasuki tahun 2021 lalu, ada rasa optimisme dan harapan karena telah meninggalkan tahun 2020 yang sungguh kelam akibat pandemi Covid-19. Namun, harapan diguncang dan dihempas oleh varian Delta.

“Rumah sakit penuh, pasien membludak hingga lorong dan tempat parkir. Tabung oksigen habis, maut menjemput korban yang bertumbangan. Setiap hari ada kabar duka,” tuturnya.

Menurutnya, pada 2021 lalu kehidupan sempat kembali terhenti, dan ekonomi menurun. APBN juga kembali terguncang dan pendapatan negara tergerus. Anggaran belanja negara melambung untuk membangun rumah sakit darurat, membayar perawatan ribuan pasien Covid, memberi insentif tenaga kesehatan.

Namun, kata Sri Mulyani, APBN hadir meringankan beban rakyat melalui bantuan sosial (bansos) untuk rakyat dan pedagang kaki, hingga buruh dengan upah paling kecil. “APBN membayar akses internet bagi pelajar dan guru, memberi diskon listrik,” ucapnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles