Pertamina Buka Suara, Proyek GRR Tuban Serap 1.220 Tenaga Lokal

Pertamina Buka Suara, Proyek GRR Tuban Serap 1.220 Tenaga Lokal

JawaPos.com – PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (Pertamina Rosneft) kembali buka suara seputar kontribusi perseroan kepada warga sekitar Proyek Strategis Nasional (PSN) Kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban. Sebab, para warga Tuban menagih janji Pertamina untuk diperkerjakan setelah lahan mereka dibeli untuk dijadikan proyek pemerintah.

Padahal, pada tahun lalu warga Tuban sudah mendapat ganti untung terhadap lahan yang digunakan untuk proyek GRR Tuban. Hal itu sempat viral pada awal tahun lalu di media sosial dengan video puluhan mobil baru yang dibeli oleh warga Tuban.

Direktur Utama Pertamina Rosneft, Kadek Ambara Jaya menegaskan, bahwa berkomitmen dalam menciptakan multiplier effect bagi masyarakat Tuban melalui proyek GRR Tuban. Hingga saat ini, proyek tersebut melibatkan serapan tenaga kerja hingga 1.220 pekerja di area Tuban. Dalam memberdayakan tenaga kerja lokal di area Tuban telah dilakukan sejak tahap pembersihan lahan (land clearing).

“Total, ada 1.220 pekerja lokal yang diberdayakan sejak tahapan land clearing I hingga IV. Tenaga lokal ini berasal dari desa-desa ring 1 di area GRR Tuban termasuk Wadung, Rawasan, Mentoso, Sumurgeneng dan Kaliuntu,” kata Kadek dalam keterangan tertulis, Sabtu (29/1).

Selain melakukan pemberdayaan tenaga lokal, lanjutnya, Kadek memastikan proyek GRR Tuban telah dijalankan selaras dengan program tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan. Selama tiga tahun sejak 2019 hingga 2011, kontribusi perseroan di lingkungan GRR Tuban telah mencapai Rp 23 miliar.

“Salah satu bentuk program sosial yang kami canangkan adalah beasiswa D3 Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu bagi para siswa bertalenta di area Tuban. Tahun ini penerima beasiswa kami telah memasuki tahap akhir studinya. Artinya, program kami dirancang berkelanjutan dan menyasar seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles