Menteri PUPR Minta Sejumlah Fasilitas Ditambah di Tol Trans Sumatra

Menteri PUPR Minta Sejumlah Fasilitas Ditambah di Tol Trans Sumatra

JawaPos.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah melakukan pengecekan persiapan Mudik Lebaran 2022 di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Bakauheni–Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar–Pematang Panggang–Kayu Agung dan Ruas Palembang–Indralaya.

Basuki memastikan bahwa dari gerbang awal masuk JTTS hingga Palembang sudah dalam kondisi baik setelah dilakukan sejumlah perbaikan. Dari titik 0 hingga KM 252 dapat dilalui dengan aman oleh pemudik, sisanya seperti di KM 173 dilakukan perbaikan dengan cara rekonstruksi beton rigid yang membutuhkan waktu yang lebih lama.

’’Namun, secara bertahap juga akan diperbaiki dengan harapan tanggal 25 April 2022 atau H-7 lebaran seluruh perbaikan telah selesai dilakukan,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/4).

Basuki melanjutkan, fasilitas di rest area yang dikelola oleh Hutama Karya sudah memenuhi standar namun karena adanya prediksi lonjakan pengunjung ia meminta kepada Hutama Karya agar dapat menambah jumlah fasilitas. ’’Fasilitas umum seperti toilet harus ditambahkan lagi, mengingat mudik kali ini akan kembali masif,” ucapnya.

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, dalam persiapan mudik kali ini, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi diantaranya menambahkan sejumlah fasilitas guna memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

’’Selain memelihara fasilitas yang telah dimiliki, kami juga telah dan akan menambah fasilitas- fasilitas lainnya seperti penambahan kapasitas gardu tol di Gerbang Tol (GT) yang memiliki potensi kepadatan tinggi seperti di GT Bakauheni Selatan yang semula 5 jalur menjadi 7 jalur  dan di GT Kotabaru yang semula 4 jalur menjadi 6 jalur,” tuturnya.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Romys Binekasri


Credit: Source link

Related Articles