Layani 12.100 Pax, Hari ini Bandara NYIA Paling Sibuk Sejak Beroperasi

Layani 12.100 Pax, Hari ini Bandara NYIA Paling Sibuk Sejak Beroperasi

JawaPos.com – Pergerakan penumpang arus balik di Bandara Internasional Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA), Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) mencapai puncaknya pada Minggu (8/5). Hari ini, sekitar 12.100 penumpang terbang dari/turun di NYIA dengan 73 pergerakan pesawat terbang rute domestik dan satu penerbangan internasional.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager NYIA Agus Pandu Purnama mengatakan, pergerakan penumpang sebanyak 12.100 orang ini terdiri dari 5.300-an penumpang kedatangan dan 6.800-an penumpang keberangkatan.

“Jumlah penumpang yang tercatat hari ini ada sekitar 12.100 ditambah dengan penerbangan internasional hari ini ke Kuala Lumpur dengan keberangkatan sejumlah sekitar 140 lebih penumpang,” kata Agus Pandu, dikutip dari Antara.

Puncak arus balik Lebaran 2022 di Bandara NYIA yang terjadi pada hari ini sudah diprediksi sebelumnya. Hari ini, pihaknya mencatat sekitar 74 pergerakan pesawat dengan berbagai rute memang akumulasi 60 persen masih didominasi rute Cengkareng.

“Jadi sesuai dengan rencana penerbangan. Hari ini ada lonjakan penumpang untuk arus balik. Sesuai prediksi kita jumlah penumpang di atas 12.000,” kata Agus.

Agus Pandu mengatakan, sebelumnya otoritas bandara sudah memperkirakan akan ada lonjakan jumlah penumpang hingga 12.000 orang saat puncak arus mudik dan balik Lebaran 2022. “Ternyata prediksi kami, begitu balik banyak sekali para pengguna jasa, yang awalnya menggunakan kendaraan darat, kemudian terjadi kemacetan sehingga sebagian mereka memilih jalur udara,” katanya.


Credit: Source link

Related Articles