Menyedihkan, Gajah Hamil Mati di Area Lahan Konsesi Riau Abadi Lestari

JawaPos.com – Seekor gajah Sumatera (Elephas maximus sumatrensis) betina yang sedang hamil ditemukan mati di area lahan konsesi PT Riau Abadi Lestari, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Rabu (25/5).

Plh Kepala BBKSDA Riau wilayah II, Hartono di Pekanbaru, Kamis, mengaku belum dapat memastikan penyebab kematian satwa malang tersebut.

Disebutkannya, kondisi gajah saat ditemukan dari beberapa bagian tubuhnya mengeluarkan darah, namun tak terlihat adanya kekerasan. Selain itu dari dalam lambung gajah ditemukan nanas yang sempat ia makan.

“Berdasarkan hasil nekropsi memang tak ada upaya kekerasan, namun darah keluar dari hidung, mulut, telinga dan anusnya. Artinya ada indikasi bahwa gajah tersebut makan salah satu buah yang mungkin beracun. Ini masih kemungkinan,” jelasnya.

Hartono menyebutkan, sore ini sampel-sampel organ tubuh gajah berupa hati, dinding usus, paru, dan kotoran akan dikirimkan ke balai Veteriner Bukittinggi untuk mendapatkan kepastian dari penyebab kematian gajah tersebut.

“Harapan kita dari hasil laboratorium akan ada jawaban dari penyebab kematiannya. Dari situ selanjutnya akan kami tindaklanjuti penyebab-penyebab kematiannya,” ucap Hartono.


Credit: Source link

Related Articles