Gelar Latihan Membatik, Sandi Ingin Batik Banyuwangi Punya Daya Saing

Gelar Latihan Membatik, Sandi Ingin Batik Banyuwangi Punya Daya Saing

JawaPos.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama Yayasan Indonesia Setara yang di inisiasi oleh Rumah Sandiuno Indonesia (RSI) menggelar pelatihan membatik di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’alimin, Banyuwangi, Jawa Timur. Kegiatan ini ditujukan agar meningkatkan kemampuan membatik warga.

Sandi menginginkan produk – produk batik di Banyuwangi memiliki daya saing di mata wisatawan. Sehingga mampu membangkitkan ekonomi warga. “Kami melihat banyak sekali ibu – ibu yang memiliki keunggulan dalam membatik, ini kita siapkan karena Banyuwangi akan segera bangkit kembali, sehingga ini harus dibangun agar memiliki daya saing dan menjadi oleh – oleh wisatawan,” kata Sandi, Senin (6/6).

Sandi mengatakan, setelah pelatihan tersebut nantinya akan dilakukan pendampingan, dan pemberian bantuan dalam pemasaran serta perizinan. Hal ini dilakukan sebagai upaya menggerakan perekonomian masyarakat.

“Mereka rupanya sangat antusias untuk mengembangkan industri batik ini, jadi kita akan melakukan pendampingan setelah ini, kita akan bantu pemasaran, setelah itu kita bantu perizinannya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pondok Pesantren Roudlotul Muta’alimin Gusdur Muzi Muftadi Asimbari berharap pelatihan ini dapat terus dibina. Sehingga dapat memacu kreatifitas masyarakat dan santri. “Dengan pelatihan membatik ini sebagai gerakan atau kreatifitas, sehingga membatik ini dapat terus di didik dan di bina,” kata Gusdur.

Ia menjelaskan, nantinya pelatihan yang telah diselenggarakan akan diajarkan kembali kepada masyarakat sekitar ataupun santri. Ia berharap, kegiatan tersebut dapat terus dilakukan sehingga dapat menaikan ekonomi di pondok pesantren.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Sabik Aji Taufan


Credit: Source link

Related Articles