BPS Catat Neraca Perdagangan RI Mei 2022 Surplus USD 2,9 Miliar

BPS Catat Neraca Perdagangan RI Mei 2022 Surplus USD 2,9 Miliar

JawaPos.com – Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Setianto menuturkan, kinerja neraca perdagangan Indonesia pada Mei 2022 mencatatkan surplus, yakni sebesar USD 2,9 miliar.

Menurutnya, neraca perdagangan surplus ini dikontribusi dari nilai ekspor sebesar USD 21,51 miliar, sementara impor hanya menyumbang USD 18,61 miliar.

“Neraca perdagangan barang kita masih mencatatkan surplus, yaitu sebesar USD 2,90 miliar,” kata Setianto dalam konferensi pers, Rabu (15/6).

Neraca perdagangan yang memiliki kinerja positif ini merupakan kali ke-25 mencatatkan surplus. Namun demikian, kondisi ini masih menurun jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya atau April 2022 yang surplus sebesar USD 7,56 miliar.

“Jadi neraca perdagangan kita ini membukukan surplus selama 25 bulan berturut-turut, berturut-turut sejak Mei 2020,” ungkap dia.

Adapun, komoditas non migas menyumbang surplus terbesar pada bulan Mei ini adalah bahan bakar mineral, kemudian besi dan baja serta lemak dan minyak hewan atau nabati.

“Negara penyumbang surplus terbesar adalah India, Amerika Serikat dan Filipina,” ujarnya.


Credit: Source link

Related Articles